PDIP Berhasil Menaikkan Elektabilitas Puan Maharani, Ganjar Pranowo Bagaimana?

Senin, 03 Oktober 2022 – 11:50 WIB
PDIP Berhasil Menaikkan Elektabilitas Puan Maharani, Ganjar Pranowo Bagaimana? - JPNN.com Sultra
Relawan Pejuang Puan Maharani Jawa Timur menggelar konsolidasi di Sumobito, Jombang, untuk menguatkan dukungan kepada cucu Presiden Soekarno tersebut menuju Pilpres 2024. Foto: Dok. Relawan Pejuang Puan Maharani

sultra.jpnn.com, JAKARTA - Dua lembaga survei menyatakan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mulai berhasil menaikkan elektabilitas dan popularitas Puan Maharani. Kedua lembaga survei itu adalah Indonesia Political Opinion (IPO) dan Indikator Politik Indonesia (IPI).

Merujuk pada hasil survei Indikator Politik Indonesia elektabilitas Puan naik menjadi 3,2 persen dalam simulasi 10 nama. Padahal, pada Juni 2022 tingkat keterpilihan Ketua DPR tersebut hanya 0,8 persen.

"Ini tentu kabar baik untuk PDIP, setidaknya upaya mereka meningkatkan elektabilitas Puan berhasil," kata Pengamat Politik sekaligus Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (3/10).

Menurut dia, setidaknya ada dua hal yang memicu kenaikan elektabilitas Puan. Pertama, Ketua DPR tersebut dinilai tidak lagi berjarak dengan publik dan menjadi satu-satunya tokoh yang potensial menarik suara kelompok perempuan.

Kemudian Puan akhir-akhir ini ia juga gencar melakukan pendekatan kepada masyarakat termasuk mempromosikan hasil kerjanya sepanjang karir di dunia politik.

Lebih jauh, ia berpendapat bahwa PDIP hanya memerlukan waktu untuk melegitimasi dukungan terhadap Puan dengan elektabilitas yang baik. Elektabilitas Puan diyakininya meningkat jika sudah dipastikan akan diusung.

"Artinya, membaca elektabilitas Puan sama halnya dengan PDIP," kata dia.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi mengatakan berdasarkan hasil survei elektabilitas Puan mengungguli sejumlah nama misalnya Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang meraih elektabilitas 2,2 persen, dan Menteri BUMN Erick Thohir yang memiliki elektabilitas 1,4 persen.

Merujuk pada hasil survei Indikator Politik Indonesia elektabilitas Puan Maharani naik menjadi 3,2 persen dalam simulasi 10 nama.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia