Membanggakan, Wakili Daerah Jadi Paskibraka di Istana Negara

Jumat, 20 Mei 2022 – 06:06 WIB
Membanggakan, Wakili Daerah Jadi Paskibraka di Istana Negara - JPNN.com Sultra
Kadispora Sulsel Arwin Azis berfoto bersama dengan para paskibraka saat seleksi di GOR Sudiang Makassar. Foto ANTARA

sultra.jpnn.com, MAKASSAR - Ada kebanggan tersendiri bagi dua siswa, Bintang (putri) dan Muhammad Azwar. Keduanya terpilih sebagai calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) nasional.

Keduanya merupakan siswa yang terpilih mewakili Sulawesi Selatan yang akan bertugas pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta, pada 17 Agustus 2022.

“Alhamdulillah, ini kabar baik, dua pelajar dari Sulsel lolos untuk bertugas menjadi pengibar bendera pusaka pada Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Negara, Jakarta, pada 17 Agustus 2022 mendatang,” ujar Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di Makassar, Kamis (19/5).

Mereka ialah Bintang (putri) dari SMA Negeri 7 Baebunta Selatan, Kabupaten Luwu Utara dan Muhammad Azwar dari SMA Negeri 3 Bone, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulawesi Selatan Andi Arwin Azis mengakui keduanya ditetapkan menjadi calon Paskibraka setelah melalui tahapan seleksi yang diikuti sebanyak 99 orang peserta dari 24 kabupaten dan kota yang digelar di GOR Sudiang pada 17 hingga 18 Mei 2022.

Tahapan seleksi ini, kata Andi Arwin, dimulai dengan seleksi administrasi, tes kesehatan, tes tertulis, tes Pembinaan Ideologi Pancasila (PIP) oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), dan beberapa rangkaian tes lainnya.

"Untuk tes kali ini ada yang berbeda dari tes tahun-tahun sebelumnya. Tes tahun ini ditambah dengan tes PIP namanya, tes Pembinaan Ideologi Pancasila oleh Badan Ideologi Pancasila Pusat. Ini dalam rangka persyaratan untuk menjadi Duta Pancasila," ujarnya.

"Jadi semua purna Paskibraka Indonesia nantinya yang telah bertugas akan otomatis juga menjadi Duta Pancasila," sambung dia.

Dua pelajar bikin bangga karena mewakili daerahnya menjadi calon paskibraka di Istana Negara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News