Bergerak Bersama, Pemkot Kendari Optimalkan Cegah Stunting

Jumat, 20 Mei 2022 – 16:04 WIB
Bergerak Bersama, Pemkot Kendari Optimalkan Cegah Stunting - JPNN.com Sultra
Bergerak Bersama, Pemkot Kendari Optimalkan Cegah Stunting. Foto Antara

sultra.jpnn.com, KENDARI - Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara telah membentuk tim percepatan penanganan stunting dan penurunan angka kemiskinan serta melalui program Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat). Langkah ini sebagai gerakan bersama untuk mengoptimalkan upaya pencegahan stunting.

Tim percepatan itu berupa pembentukan tim pendampingan keluarga yang tersebar di 65 kelurahan pada 11 kecamatan di Kota Kendari.

“Pembentukan tim ini sebagai salah satu bentuk komitmen Pemkot Kendari mencegah anak stunting sekaligus mendukung rencana aksi nasional Percepatan Penurunan Angka stunting di Indonesia (RAN–PASTI),” kata Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dalduk dan KB) Kota Kendari, Jahuddin di Kendari, Jumat (20/5).

Ia mengatakan, setiap anggota dalam tim tersebut memiliki tugas meliputi pendampingan, bimbingan konseling dan pemeriksaan kesehatan tiga bulan pranikah terhadap setiap calon pasangan pengantin di daerah masing-masing.

“Pendampingan sejak tiga bulan pranikah itu untuk supaya calon pasangan itu siap mendapatkan kehamilan yang sehat nantinya setelah menikah, dengan memberikan pemahaman berapa berat badan yang ideal untuk kehamilan, asupan gizi yang cukup dan semacamnya,” kata dia.

Di mana, pelaksanaan tugas tersebut mereka lakukan di bawah koordinasi Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Kota Kendari Dinas Kesehatan, juga dikerjasamakan dengan aparatur di kecamatan, kelurahan dan Kantor Urusan Agama (KUA) setempat.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala, mengatakan bahwa Pemkot Kendari fokus penanganan stunting (kekerdilan) di kota itu dengan melakukan delapan aksi integrasi.

“Dari 8 aksi ini sudah beberapa yang kita kerjakan, rembug stunting, kita kemarin sudah ansit (analisis situasi), menetapkan lokus, sampai rembug stunting, Insya Allah ke depan aksi ini akan kita lakukan bersama karena tidak bisa jalan sendiri-sendiri,” kata Ridwansyah Taridala.

Pemerintah Kota Kendari membentuk tim percepatan penanganan stunting. Selain program Dahsyat adapula pendampingan di setiap kelurahan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia