Pilpres 2024 Bakal Seru, Ada 3 Poros Berseteru

Kamis, 26 Mei 2022 – 19:39 WIB
Pilpres 2024 Bakal Seru, Ada 3 Poros Berseteru - JPNN.com Sultra
Pengamat Politik Dedi Kurnia Syah. Foto: Dokumentasi pribadi for JPNN.com

sultra.jpnn.com, JAKARTA - Persaingan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 diprediksi bakal berlangsung seru. Alasannya ada tiga poros yang akan berseteru. Artinya dengan tiga poros tersebut otomatis ada tiga pasang calon juga yang menjadi pilihan.

Pernyataan ini disampaikan Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah. Menurutnya, kemungkinan terbentuknya tiga poros tersebut didasarkan pada koalisi partai politik dan syarat ambang batas untuk mengajukan pasangan capres dan cawapres pada Pilpres 2024.

Alumnus Universitas Mercu Buana itu mengatakan, poros pertama bakal diisi oleh koalisi PDI Perjuangan dan Gerindra. Kemungkinan kandidat yang diusung adalah Puan Maharani dan Prabowo Subianto.

"PDIP punya Puan Maharani yang mulai menonjol sekaligus sebagai tokoh sentral di partai. Gerindra punya Prabowo Subianto yang digadang akan tetap maju sebagai capres tunggal di Gerindra," kata Dedi melalui layanan pesan, Kamis (26/5).

Dedi yang juga dosen Komunikasi Politik Universitas Telkom itu mengatakan poros kedua akan diisi oleh koalisi Golkar, PAN, PPP, dan PKB.

Menurut Dedi, PKB memiliki kecenderungan dekat dengan Golkar sehingga dirinya tidak heran parpol yang dipimpin Muhaimin Iskandar itu bakal merapat ke Koalisi Indonesia Bersatu (KIB).

Golkar, PAN, dan PPP diketahui sudah membentuk poros politik lebih awal dengan menamai kerja sama mereka dengan KIB.

"PKB punya kecenderungan lebih dekat pada Golkar dibandingkan dengan PDIP," ujar Dedi.

Persaingan di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 diprediksi bakal berlangsung seru karena ada tiga poros berseteru

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News