KPU Sultra Jamin tak Akan Membedakan Partai dalam Verifikasi Parpol Peserta Pemilu 2024

Selasa, 28 Juni 2022 – 06:57 WIB
KPU Sultra Jamin tak Akan Membedakan Partai dalam Verifikasi Parpol Peserta Pemilu 2024 - JPNN.com Sultra
Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) La Ode Abdul Natsir Muthalib. Foto Antara

sultra.jpnn.com, KENDARI - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Tenggara (Sultra) La Ode Abdul Natsir Muthalib mengatakan penyelenggara pemilu akan memperlakukan sama kepada partai politik (Parpol) yang akan menjadi peserta Pemilu 2024.

Dia menegaskan tak ada perlakuan khusus kepada partai saat proses verifikasi faktual maupun verifikasi administrasi. Semua partai akan diperlakukan yang sama oleh KPU Sultra.

"Semuanya kita sampaikan. Pada prinsipnya pelayanan KPU tidak melihat partai besar, partai kecil, tidak melihat partai lama, partai baru tetapi kita perlakukan sama ketika kami lakukan proses verifikasi faktual maupun verifikasi administrasi," kata La Ode Abdul Natsir Muthalib di Kendari, Senin (27/6).

KPU Sultra menggelar rapat koordinasi bersama partai politik terkait persiapan pendaftaran dan verifikasi partai politik calon peserta Pemilu 2024 di Kendari, Senin (27/6).

Pria yang karib disapa La Ojo ini meminta semua partai politik yang hendak mendaftar sebagai calon peserta pemilu 2024 agar mempersiapkan segala kelengkapan administrasi.

"Untuk menjadi peserta pemilu 2024 itu harus lolos verifikasi administrasi dan juga verifikasi faktual," katanya.

Dia menyampaikan, verifikasi administrasi itu akan dilakukan terhadap semua persyaratan. KPU akan melakukan penelitian menyangkut kelengkapan syarat dan juga keabsahan.

Natsir menyebut, beberapa persyaratan itu antara lain partai politik harus memiliki badan hukum, kepengurusan harus berada di seluruh provinsi di Indonesia termasuk Sulawesi Tenggara, kemudian di tingkat provinsi minimal 75 persen kepengurusan di kabupaten/kota, dan di kabupaten/kota minimal 50 persen kepengurusan ada di kecamatan.

KPU Sultra menjamin tak ada perlakuan khusus kepada partai saat proses verifikasi faktual maupun verifikasi administrasi.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia