Sepanjang 2022, Ada 194 Jiwa Diselamatkan Basarnas Kendari

Senin, 03 Oktober 2022 – 02:55 WIB
Sepanjang 2022, Ada 194 Jiwa Diselamatkan Basarnas Kendari - JPNN.com Sultra
Sepanjang 2022, Ada 194 Jiwa Diselamatkan Basarnas Kendari. Foto Antara

sultra.jpnn.com, KENDARI - Sepanjang 2022, Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kendari Sulawesi Tenggara mencatat ada 194 jiwa yang dapat diselamatkan dari 53 kejadian.

Humas Basarnas Kendari Wahyudi mengatakan kejadian itu terjadi di wilayah kerjanya yang meliputi 17 kabupaten/kota se-Sulawesi Tenggara, termasuk daerah Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan.

"Periode Januari sampai 30 September 2022, jumlah kejadian yang ditangani Kantor Pencarian dan Pertolongan (KKP) Kendari atau Basarnas ada 53 kejadian," kata Wahyudi di Kendari, Minggu (2/10).

Dia merinci dari 53 kejadian yang ditangani pihaknya selama sembilan bulan di 2022 di antaranya kecelakaan kapal 31, kondisi membahayakan manusia seperti hilang di hutan 21, kejadian serta menangani satu bencana alam.

Wahyudi mengatakan dari 53 operasi SAR, pihaknya berhasil menyelamatkan sebanyak 194 jiwa dengan rincian kecelakaan kapal 161 orang; kondisi membahayakan manusia seperti hilang atau tenggelam di sungai, hilang di hutan tercatat 23 orang, dan bencana alam 10 orang.

Selain itu, dari 53 kejadian yang ditangani Basarnas Kendari mencatat sebanyak 22 orang yang meninggal dengan rincian delapan orang dari kecelakaan kapal, dan 14 orang dari kondisi membahayakan manusia.

"Kemudian ada lima orang yang dinyatakan hilang dengan rincian itu dua dari kecelakaan kapal dan tiga dari kondisi membahayakan manusia," ujar dia.

Dia mengatakan, untuk korban yang hilang dan tidak ditemukan tanda-tanda keberadaan korban ketika operasi SAR hingga memasuki hari ketujuh, maka operasi dihentikan sesuai kesepakatan semua pihak termasuk keluarga korban, namun pencarian dapat dilanjutkan apabila ditemukan tanda-tanda keberadaan korban.

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kendari Sulawesi Tenggara mencatat ada 194 jiwa yang dapat diselamatkan dari 53 kejadian.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia