Arus Mudik Lebaran 2022, Kapal Feri Sandar di Dermaga Plencengan Baubau

Jumat, 22 April 2022 – 21:08 WIB
Arus Mudik Lebaran 2022, Kapal Feri Sandar di Dermaga Plencengan Baubau - JPNN.com Sultra
Arus Mudik Lebaran 2022, Kapal Feri Sandar di Dermaga Plencengan Baubau. Foto Antara

sultra.jpnn.com, BAUBAU - Kapal Feri terpaksa masih menggunakan Dermaga Plencengan sebagai tempat sandar kapal dalam melayani angkutan Lebaran 20222. Alasannya, kondisi movable bridge (MB) atau jembatan bergerak di pelabuhan Penyeberangan Batulo Kota Baubau, Sulawesi Tenggara itu masih memprihatinkan.

"Untuk saat ini yang bisa kita lakukan, kapal itu masih beroperasi di Plencengan karena untuk mengurangi risiko jangan sampai ada yang jatuh atau apa, makanya belum bisa dipakai apalagi aktifitas kendaraan berat," kata Kepala Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Penyeberangan Baubau-Waara, Bony Herya di Baubau, Jumat (21/4).

Sudah beberapa tahun belakangan ini kondisi MB di penyeberangan Baubau belum dapat digunakan lagi secara maksimal karena kondisinya rusak dan berkarat sehingga sangat rawan patah dengan adanya beban muatan berat, sehingga masih menggunakan plencengan dengan sistem antrean.

"Kita ini kan mewarisi pekerjaan sebelumnya, mungkin dari 2019 itu kondisinya memang sudah seperti itu, cuma karena COVID-19 dan ada pergeseran anggaran sehingga belum direhab. Tapi kalau darurat untuk sepeda motor dan orang masih dilayani di MB," katanya Bony yang belum malam ini menjabat Kepala UPTD Penyeberangan Baubau-Waara.

Menurutnya, kondisi Plencengan yang ada tersebut masih bisa digunakan dalam melayani arus mudik dan balik Lebaran 1443 Hijriah.

"Sampai saat ini Plencengan itu masih digunakan, bahkan selama ini kapal-kapal feri yang beroperasi dan sandar dengan jadwal secara bergantian itu belum ada kendala," ujarnya.

Dikatakannya, bahwa pihaknya juga sudah membenahi Plencengan itu dengan cara menutup badan Plencengan menggunakan adukan semen karena cukup banyak lubang-lubang akibat kapal sandar karena menahan laju armada dengan menggunakan ramdor kapal.

Di samping itu, pihaknya juga telah mengusulkan anggaran rehabilitasi MB tersebut sekitar Rp200 juta terhadap Dinas Perhubungan Provinsi Sultra guna dilakukan perbaikan sehingga bisa lebih layak digunakan dalam melayani arus penumpang kapal.

Arus mudik Lebaran 2022, Kapal Feri terpaksa sandar di Dermaga Plencengan Baubau karena Penyeberangan Batulo kondisinya memprihatinkan.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia