BMKG: Potensi Hujan Lebat Terjadi di 10 Daerah di Sultra

Sabtu, 28 Mei 2022 – 13:19 WIB
BMKG: Potensi Hujan Lebat Terjadi di 10 Daerah di Sultra - JPNN.com Sultra
BMKG: Potensi Hujan Lebat Terjadi di 10 Daerah di Sultra. Foto Antara

sultra.jpnn.com, KENDARI - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menyatakan 10 daerah akan diguyur hujan lebat yang diserta dengan petir dan angin kencang.

Ke-10 daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) berpotensi diguyur hujan lebat, yakni Kabupaten Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Muna, Muna Barat, Buton Utara, Buton Tengah, Kolaka Timur, dan Kota Kendari.

Untuk itu, BMKG Sultra mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat.

Prakirawan BMKG Kendari Fezal Habibie menyebutkan terdapat 10 daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) berpotensi diguyur hujan lebat, yakni Kabupaten Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Muna, Muna Barat, Buton Utara, Buton Tengah, Kolaka Timur, dan Kota Kendari.

"Peringatan dini cuaca di wilayah Sultra pada hari ini di 10 daerah tersebut berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang," kata Fezal dalam keterangan tertulisnya, Jumat (25/5).

Fezal menjelaskan di Kabupaten Konawe potensi hujan lebat dapat terjadi di Kecamatan Lambuya, Unaaha, Wawotobi, Pondidaha, Abuki, Soropia, Tongauna, Uepai, Wonggeduku, Besulutu, Bondoala, Anggaberi, Meluhu, Amonggedo, Konawe, Onembute, Padangguni, Wonggeduku Barat, Anggotoa, dan Tongauna Utara yang dapat meluas ke Sampara, Latoma, Puriala, Routa, Asinua, Kapoiala, Lalonggasumeeto, Morosi, dan Anggalomoare.

Di Kabupaten Konawe Selatan, potensi hujan lebat dapat terjadi di Kecamatan Laonti, Sabulakoa yang dapat meluas ke Tinanggea, Angata, Andoolo, Palangga, Landono, Lainea, Konda, Ranomeeto, Kolono, Moramo, Lalembuu, Benua, Palangga Selatan, Mowila, Moramo Utara, Buke, Wolasi, Laeya, Baito, Basala, Ranomeeto Barat, Kolono Timur, dan Andoolo Barat.

Selanjutnya, di Kabupaten Konawe Utara dapat terjadi di Kecamatan Asera, Langgikima, Molawe, Lasolo, Lembo, Sawa, Oheo, Andowia, Motui, Wawolesea, Lasolo Kepulauan, Landawe yang dapat meluas ke Wiwirano.

BMKG Sultra mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat disertai kilat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News