Peringatan Dini BMKG, Curah Hujan Tinggi Berpotensi Terjadi di Sultra

Kamis, 01 September 2022 – 06:22 WIB
Peringatan Dini BMKG, Curah Hujan Tinggi Berpotensi Terjadi di Sultra - JPNN.com Sultra
Peringatan Dini BMKG, Curah Hujan Tinggi Berpotensi Terjadi di Sultra. Foto dok

sultra.jpnn.com, KENDARI - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini untuk warga Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Masyarakat diminta waspada lantaran potensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir serta angin kencang pada hari ini, Kamis (1/9).

Kepala Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Kendari Sugeng Widarko dalam rilis yang diterima di Kendari, Rabu, mengatakan wilayah yang terpantau hujan yakni Kabupaten Kolaka, Kabupaten Konawe, Kabupaten Konawe Selatan, Kabupaten Konawe Utara, dan Kota Kendari.

Kondisi ini dapat meluas ke wilayah Kabupaten Kolaka sekitar Pomalaa, Watubangga, Toari, Polinggona, ke Kabupaten Konawe di wilayah Wawotobi, Sampara, Soropia, Wonggeduku, Besulutu, Bondoala, Anggaberi, Kapoiala, Lalonggasumeeto, Morosi, Anggalomoare, Wonggeduku Barat, Anggotoa.

Selain itu ke Kabupaten Konawe Selatan di sekitar Kolono, Moramo, Mowila, Wolasi, Baito, Kolono Timur, ke Kabupaten Konawe Utara di wilayah Wawolesea, dan Kota Kendari di empat kecamatan, yakni Kendari, Kendari Barat, Wua-wua, dan Kadia.

Stasiun Klimatologi BMKG Sultra juga merilis untuk akhir Agustus 2022, secara umum wilayah Sulawesi Tenggara mulai mengalami curah hujan kategori rendah hingga menengah (0-150 mm/dasarian).

"Ada daerah yang terpantau masih mengalami curah hujan kategori tinggi (151-300 mm/dasarian) yaitu di sebagian wilayah Konawe dan Konawe Utara," jelas Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Sultra Aris Yunatas.

Pada awal September 2022, sebagian besar wilayah Sulawesi Tenggara diprakirakan berpeluang tinggi mengalami curah hujan kategori menengah (51-50 mm/dasarian). Di sebagian wilayah Kolaka Utara diprakirakan memiliki peluang cukup tinggi mengalami curah hujan kategori tinggi (151-300 mm/dasarian).

Masyarakat diminta waspada lantaran potensi terjadi hujan sedang-lebat yang dapat disertai petir serta angin kencang pada hari ini, Kamis (1/9).
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia