Gempa Bumi Guncang Wilayah Kolaka Utara

Senin, 31 Oktober 2022 – 08:35 WIB
Gempa Bumi Guncang Wilayah Kolaka Utara - JPNN.com Sultra
Gempa Bumi Guncang Wilayah Kolaka Utara. Foto dok

sultra.jpnn.com, KOLAKA - Gempa bumi mengguncang wilayah Lambai, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa bumi tektonik dengan berkekuatan 2,9 SR terjadi pada Minggu (30/10) malam.

Rilis BMKG menunjukkan informasi gempabumi ini terjadi pukul 20.00.28 Wita terletak pada koordinat 3.55 LS, 121.00 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 9.4 km, Timur Laut Lambai, Kabupaten Kolaka Utara pada kedalaman 10 km.

Kepala Stasiun Geofisika Kendari, Rudin menyebutkan, jenis dan mekanisme Gempabumi kategori gempabumi dangkalakibat aktivitas sesar lokal di timur laut Lambai, Kabupaten Kolaka Utara.

Guncangan gempabumi ini dilaporkan dirasakan di Lasusua Kolaka Utara III MMI. III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempabumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi tidak berpotensi tsunami.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Selain itu, warga setempat juga menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yg membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah.

Gempa bumi mengguncang wilayah Lambai, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra).
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia