Calon Jemaah Haji Kendari Belajar Tawaf dan Lempar Jamrah

Senin, 30 Mei 2022 – 22:43 WIB
Calon Jemaah Haji Kendari Belajar Tawaf dan Lempar Jamrah  - JPNN.com Sultra
Para jemaah haji asal Kota Kendari saat melakukan manasik. Foto : La Ode Muh Deden Saputra/JPNN.com

sultra.jpnn.com, KENDARI - Ratusan calon jemaah haji Kota Kendari melaksanakan manasik di Asrama Haji, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin (30/5).

Pelaksanaan manasik tersebut dilakukan untuk peragaan para jemaah melakukan ibadah sesuai dengan rukun-rukun haji.

Kepala Seksi Haji Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari Sunardin mengatakan dalam kegiatan manasik itu, para jemaah diajarkan beberapa hal yang wajib, sunah dan hal-hal yang dilarang selama melaksanakan ibadah haji.

Selain itu, lanjutnya, ratusan jemaah itu juga diajakan cara melakukan tawaf, sa'i, wukuf, lempar jumrah dan prosesi ibadah lainnya dengan kondisi yang dibuat mirip dengan keadaan di tanah suci. 

"Hari ini melaksanakan bimbingan manasik berupa praktik. Setelah kami melaksanakan manasik massal tingkat kota. Ini adalah hari ketiga untuk di tingkat kecamatan dan praktik dilaksanakan mulai dari proses embarkasi Jeddah, Jeddah menuju Mekkah, kemudian menuju Arafah, Musdalifah, dan Mina. Lalu kembali ke Mekkah dan lanjut pulang ke Madinah dan Indonesia," ucap Sunardin.

Menurutnya, manasik haji ini sengaja dipraktikkan agar semua calon jamaah bisa memahami segala teori dan praktik pelaksanaan ibadah haji nantinya. 

"Jamaah diberi pemahaman tentang cara tawaf, cara sa'i, cara melontar jamrah dan lain-lain, karena haji ini tidak bisa hanya dilihat-lihat atau didengar-dengar tetapi harus dilakukan dalam bentuk gerakan fisik," katanya. 

Sunardin menyebutkan sebanyak 294 orang calon jemaah haji asal Kota Kendari yang nantinya akan berangkat ke Tanah Suci.

Ratusan jemaah diajakan cara melakukan tawaf, sa'i, wukuf, lempar jumrah dan prosesi ibadah lainnya di Tanah Suci nantinya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia