Buaya 1 Ton Ditangkap Warga di Buton

Minggu, 26 Juni 2022 – 07:15 WIB
Buaya 1 Ton Ditangkap Warga di Buton - JPNN.com Sultra
Buaya sepanjang 4,3 dengan berat sekitar 1 ton ditangkap warga di Desa Ambuau Indah, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara.

sultra.jpnn.com, KENDARI - Seekor buaya besar sepanjang 4,3 dengan berat sekitar 1 ton ditangkap warga di Desa Ambuau Indah, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara. Buaya itu ditangkap di sekitar bantaran sungai yang tidak jauh dari permukiman warga. 

Kepala Seksi Konservasi Wilayah (SKW) I Baubau BKSDA Sultra Prihanto buaya itu dikhawatirkan akan membahayakan masyarakat sekitar situ. Oleh karena itu, warga berinisiatif menangkap buaya tersebut dengan alat seadanya, yakni tali nilon. 

“Setelah ditangkap dan diikat dengan seadanya kemudian menghubungi kami untuk dilakukan evakuasi," katanya saat dihubungi dari Kendari, Sabtu (25/6). 

Tim penyelamat sebanyak enam orang dari dari BKSDA Sultra Wilayah I Baubau diterjunkan untuk melakukan evakuasi. 

Menurut dia, buaya itu diduga dari sungai di desa setempat karena ditemukan tepat di sekitar bantaran sungai. 

“Buaya itu dari sungai karena beberapa hari ini di sana sering hujan sehingga sungai di daerah itu meluap. Jadi, kemungkinan buaya itu dari sungai itu karena ditemukan di bantaran sungai," ujar Prihanto.

Setelah tiba di lokasi, pihaknya dibantu Koramil, Polsek, pemerintah dan desa setempat melakukan evakuasi buaya tersebut. Evakuasi memerlukan waktu dua jam atau sejak pukul 13.00 WITA hingga pukul 15.00 WITA, karena ukuran buaya yang cukup besar. 

Kemudian, buaya dibawa ke Baubau. Selanjutnya, buaya akan dibawa di BKSDA Sultra di Kota Kendari untuk dilepasliarkan ke habitatnya.

Buaya sepanjang 4,3 dengan berat sekitar 1 ton ditangkap warga di Desa Ambuau Indah, Kecamatan Lasalimu Selatan, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia