Hepatitis Akut Mengancam, Dinkes Sultra Gencarkan Vaksinasi Covid-19 Untuk Anak

Rabu, 11 Mei 2022 – 04:50 WIB
Hepatitis Akut Mengancam, Dinkes Sultra Gencarkan Vaksinasi Covid-19 Untuk Anak - JPNN.com Sultra
Hepatitis Akut Mengancam, Dinkes Sultra Gencarkan Vaksinasi Covid-19 Untuk Anak. Foto Antara

sultra.jpnn.com, KENDARI - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Putu Agustin mengatakan hepatitis akut belum teridentifikasi di bumi Anoa. Meski begitu, ia tetap mengimbau masyarakat agar tetap waspada dengan penyakit hepatitis misterius tersebut.

"Mudah-mudahan tidak akan ada di Sultra," ucap Agustin melalui telepon seluler, Senin (9/5).

Ia mengungkapkan pihaknya juga telah meningkatkan kewaspadaan di sejumlah jalur masuk penumpang dan barang dari luar daerah.

"Apabila ditemukan gejala-gejala yang mengarah ke sana kami segera lakukan tindakan," katanya.

Selain itu, ia juga bakal melakukan pengambilan sampel darah terhadap penduduk khususnya anak-anak dari luar daerah ketika masuk ke Sultra dengan persetujuan dari orang tuanya.

Munculnya penyakit hepatitis akut misterius menjadi alasan bagi Agustin menggencarkan kembali vaksinasi terhadap anak. Sebab, menurut data, rata-rata anak yang terinfeksi adalah mereka yang belum melakukan vaksinasi Covid-19.

"Kami akan genjot karena vaksinasi ini merupakan salah satu langkah memberikan imunitas untuk anak-anak kita," ujar dia.

Untuk menghindari penyebaran hepatitis misterius ini, dia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap melakukan protokol kesehatan dan vaksin bagi anak.

Meski belum terindikasi di Sulawesi Tenggara, Dinkes tetap mengimbau masyarakat agar tetap waspada.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia