Desa Barania Kabupaten Sinjai Siap Menyambut Sandiaga Uno

Jumat, 13 Mei 2022 – 14:46 WIB
Desa Barania Kabupaten Sinjai Siap Menyambut Sandiaga Uno - JPNN.com Sultra
Kadisparbud Sinjai Yuhadi Samad (dua kir) bersama perangkat desa meninjau Desa Barania, Sinjai Barat, sebagai persiapan menyambut tim visitasi ADWI yang dipimpin Menparekraf Sandiaga Uno. Foto ANTARA

sultra.jpnn.com, SINJAI - Desa Barania Kecamatan Sinjai Barat Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan menyiapkan penyambutan kehadiran Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno.

Kehadiran Sandiaga Uno bukan dalam acara politik deklarasi calon presiden melainkan penyambutan tim penilai atau visitasi Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) tahun 2022 yang rencananya dihadiri Sandiaga Uno.

Desa Barania, Kabupaten Sinjai, merupakan satu dari 50 desa wisata terbaik pada ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang digelar Kemenparekraf.

"Kami sudah bertemu dengan pemerintah kecamatan, desa hingga pengelola desa wisata Barania membahas upaya melengkapi tujuh kategori yang menjadi penilaian ADWI 2022," kata Kadisparbud Sinjai Yuhadi Samad dikonfirmasi dari Makassar, Jumat.

Adapun kategori penilaian di antaranya daya tarik pengunjung, home stay, suvenir, digital dan kreatif, toilet umum, kelembagaan desa wisata, Cleanliness, Health, Safety & Environment Sustainability (CHSES).

Dari sejumlah kategori penilaian, kata dia, umumnya sudah dipersiapkan. Pemkab Sinjai saat ini lebih fokus untuk melengkapi berbagai hal yang dianggap masih kurang sehingga bisa mendapatkan nilai yang baik dari tim visitasi ADWI 2022.

Sebaliknya, menurut dia, satu hal yang paling penting yang perlu menjadi perhatian adalah bagaimana meningkatkan antusias masyarakat. Pihaknya berharap masyarakat menyambut antusias sehingga menjadi pelecut atau sebuah peluang untuk semakin memunculkan potensi desa.

Untuk itu, pihaknya berharap seluruh lapisan masyarakat bisa ikut berpartisipasi dan berkontribusi agar mendapatkan penilaian baik dari tim visitasi ADWI 2022 Kemenparekraf.

Desa Barania Kabupaten Sinjai melakukan persiapan penyambutan terhadap Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News