Posyandu Terdepan Menurunkan Angka Stunting

Minggu, 05 Juni 2022 – 19:23 WIB
 Posyandu Terdepan Menurunkan Angka Stunting - JPNN.com Sultra
Tim dokter memasangkan Pita Lingkar Lengan Atas (LILA), alat deteksi cepat pengukuran gizi pada anak balita. Foto ANTARA

sultra.jpnn.com, PALU - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kota Palu Provinsi Sulawesi Tengah, Ilham mengatakan Posyandu memiliki peran strategis dalam membantu meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat. Salah satunya adalah menurunkan angka stunting yang kini menjadi program nasional.

"Posyandu tidak hanya sekadar menimbang, mengukur panjang bayi serta pemeriksaan kesehatan ibu hamil, tetapi lebih dari itu. Jika dilihat dari kaca mata pelayanan, tentu ini sangat membantu pemerintah dalam memberikan pelayanan dasar kesehatan," kata Ilham di Palu, Minggu (5/6).

Ia menjelaskan, sebagaimana arahan kebijakan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah menggodok transformasi pelayanan kesehatan, salah satunya transformasi layanan primer yang melibatkan posyandu sebagai garda terdepan.

Untuk menciptakan pelayanan kesehatan optimal, kata dia, harus didukung sumber daya manusia (SDM) kader yang memadai.

Ke depan posyandu akan direvitalisasi karena tugas mereka tidak hanya melayani balita dan ibu hamil, tetapi juga melakukan siklus hidup termasuk remaja dan lansia.

"Ke depan posyandu tidak hanya berada di kelurahan, tetapi tingkat RT/RW juga akan dijangkau, sehingga lebih spesifik dengan harapan penanganan lebih kompleks," tutur Ilham.

Dia mengemukakan, saat ini pemerintah sedang menggodok 20 standar pelayanan posyandu sehingga lebih terarah dalam melaksanakan kegiatan.

"Nantinya posyandu bisa diatur oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes-PDT). Di sini terjadi sinergitas, supaya persoalan angka kematian ibu dan anak bisa ditekan. Itu tujuan Kementerian Kesehatan melakukan transformasi layanan kesehatan primer," kata Ilham.

Ia mengatakan, saat ini posyandu di Kota Palu juga terlibat dalam upaya menurunkan angka stunting.

Upaya yang dilakukan pemerintah pusat, katanya, sejalan dengan program Pemkot Palu yakni Palu kota sehat, dan transformasi puskesmas menjadi klinik modern.

"Puskesmas tentu berkaitan dengan posyandu. Untuk menyukseskan program ini tentu diharapkan dukungan para kader," kata Ilham. (ant/jpnn)

Posyandu memiliki peran strategis dalam membantu meningkatkan layanan kesehatan kepada masyarakat, termasuk menurunkan angka stunting.

Redaktur & Reporter : Arwan Mannaungeng

Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia