Pemkab Buton Tengah Luncurkan Kampung KB untuk Atasi Stunting

Rabu, 25 Oktober 2023 – 19:16 WIB
Pemkab Buton Tengah Luncurkan Kampung KB untuk Atasi Stunting - JPNN.com Sultra
Penjabat Bupati Buton Tengah Andi Muhammad Yusuf (pukul gong) pada peluncuruan kampung keluarga berkualitas (Kampung KB), Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat), dan Rumah Dataku dalam rangka percepatan penurunan stunting di wilayah itu. Foto: Antara/HO-Humas Buton Tengah

sultra.jpnn.com, BUTON TENGAH - Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng) Provinsi Sulawesi Tenggara meluncurkan kampung keluarga berkualitas (Kampung KB), Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) dan Rumah Dataku.

Program tersebut bertujuan untuk mempercepat penurunan stunting atau gangguan pertumbuhan pada anak di wilayah itu.

Penjabat Bupati Buton Tengah Andi Muhammad Yusuf mengatakan peluncuran kampung KB, Dashat, dan Rumah Dataku adalah merupakan program Pemkab Buton Tengah sebagai salah satu upaya percepatan penurunan stunting melalui pendekatan pelayanan kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga.

"Jadi, program kampung KB merupakan salah satu realisasi dari upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat sesuai dengan indikator pencapaian program pembangunan keluarga kependudukan dan keluarga berencana (Bangga Kencana),” kata Yusuf di Buton Tengah, Rabu (25/10).

Penjabat Bupati Buteng mengatakan pembentukan kampung KB digunakan sebagai solusi untuk menekan pertumbuhan penduduk dan bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Indonesia.

Salah satu permasalahan yang menjadi fokus negara saat ini, kata Yusuf adalah tingginya prevalensi stunting anak balita, dan kampung KB merupakan tempat dalam melaksanakan konvergensi percepatan penurunan stunting tersebut.

"Kabupaten Buton Tengah adalah salah satu kabupaten di Provinsi Sultra yang turut mengambil bagian dalam pelaksanaan kegiatan program kampung KB ini," katan Yusuf didampingi Humas, Kadis Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Buteng Abidin, dan Pj Ketua PKK Buteng Asriani Yusuf. 

Pada awal tahun 2023, Pemkab Buton Tengah telah membentuk 46 kampung KB baru yang tersebar di tujuh kecamatan.

Pemkab Buton Tengah Provinsi Sulawesi Tenggara meluncurkan kampung keluarga berkualitas (Kampung KB), Dapur Sehat Atasi Stunting (Dashat) dan Rumah Dataku.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia