Basarnas Kendari Melatih Tata Cara Pertolongan di Atas Permukaan Air

Selasa, 21 Juni 2022 – 13:01 WIB
Basarnas Kendari Melatih Tata Cara Pertolongan di Atas Permukaan Air - JPNN.com Sultra
Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi dan Wakil Bupati Wakatobi Ilmiati Daud pada pembukaan pelatihan potensi SAR pertolongan di atas permukaan air. Foto : Dok. Basarnas Kendari.

sultra.jpnn.com, KENDARI - Basarnas Kendari menggelar kegiatan pembinaan potensi SAR tentang cara pertolongan di atas permukaan air di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), Senin  (20/6).

Kegiatan yang bertemakan “Melalui Pelatihan Pencarian dan pertolongan Kita Tingkatkan Kemampuan dan Keterampilan Potensi SAR di Sultra” itu bakal digelar hingga 25 Juni 2022 mendatang.

Humas Basarnas Kendari Wahyudi mengatakan pelatihan tersebut diikuti sebanyak 50 peserta yang terdiri dari personel TNI-Polri, instansi pemerintahan dan organisasi masyarakat.

Ia menyebutkan kegiatan pembinaan itu dibuka langsung oleh Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi bersama Wakil Bupati Wakatobi Ilmiati Daud di gedung Pesanggrahan Wakatobi.

“Kegiatan berlangsung 20 hingga 25 Juni 2022. Pembukaan dilaksanakan di Gedung Pesanggrahan Wakatobi, sedangkan teori dan praktek akan dilaksanakan di Pantai Cemara,” ucap Wahyudi kepada JPNN.com melalui pesan WhatsApp, Selasa (21/6).

Sementara itu, Aris Sofingi menuturkan pembinaan itu bermaksud untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan para potensi SAR di Wakatobi terkait pertolongan di atas permukaan air.

"Melalui pelatihan itu juga, masyarakat diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan jika sewaktu-waktu melakukan pencarian, pertolongan, serta evakuasi di air," kata Aris.

Ia membeberkan pembinaan itu terdiri dari 13 materi. Mulai dari pengantar pertolongan pertama; penilaian korban dan pemeriksaan fisik; pemindahan korban; bantuan hidup dasar; resusitasi jantung paru; pendarahan, shock, dan cedera jaringan lunak; cedera alat gerak, cedera kepala, leher, dan tulang belakang; kegawatdaruratan lingkungan; pedoman keselamatan di perairan; pengantar pertolongan di air; personal floating device; hingga metode pertolongan di perairan.

Pelatihan potensi SAR di Wakatobi terkait pertolongan di atas permukaan air bakal digelar hingga lima hari kedepan
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia