Tenggelam di Perairan Saponda Laut, 15 Awak Kapal Diselamatkan Nelayan

Rabu, 06 Juli 2022 – 10:18 WIB
Tenggelam di Perairan Saponda Laut, 15 Awak Kapal Diselamatkan Nelayan - JPNN.com Sultra
Potongan video proses evakuasi awak KM Sarijaya. Foto : Dok. Basarnas Kendari.

sultra.jpnn.com, KENDARI - Kapal Motor (KM) Sarijaya mengalami kebocoran dan tenggelam di sekitar perairan Pulau Saponda Laut, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (5/7).

Sebanyak 15 orang awak kapal terpaksa harus bertahan di atas kapal yang telah tenggelam, sebelum akhirnya diselamatkan oleh nelayan yang melintas di perairan tersebut.

Humas Basarnas Kendari Wahyudi mengatakan peristiwa tenggelamnya KM Sarijaya terjadi sekitar pukul 05.00 WITA. Saat itu, kapal bertolak dari Kendari menuju Pulau Menui, Sulawesi Tengah (Sulteng).

Dia menyebutkan kapal yang mengangkut 15 awak itu tenggelam karena terjadi kebocoran pada lambung kapal yang mengakibatkan air mengisi seluruh kapal dan tenggelam.

"Kapal itu bocor, ada mesin penyedot airnya, tapi karena debit air yang masuk lebih banyak dari pada yang keluar, akhirnya mengisi seluruh kapal dan mengakibatkan mesin kapal mati dan tenggelam," ucap Wahyudi kepada JPNN.com melalui telepon seluler, Rabu (6/7).

Pria yang akrab disapa Om Yudi itu menuturkan beruntungnya, sebuah kapal  yang melintas di perairan Pulau Saponda Laut melihat para awak kapal dan kemudian melakukan evakuasi.

"Ada kapal yang juga mau ke Pulau Menui melintas, melihat para awak kapal yang meminta pertolongan, mereka langsung merapat dan mengevakuasinya" katanya.

Pihak Basarnas Kendari, lanjutnya, yang menerima informasi peristiwa itu langsung bergegas menuju lokasi kejadian.

Kapal mengalami kebocoran, sehingga air mengisi seluruh kapal dan membuatnya tenggelam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News