Separuh Keluarga di Kota Kendari Masuk Kategori Sehat

Kamis, 21 Juli 2022 – 13:53 WIB
Separuh Keluarga di Kota Kendari Masuk Kategori Sehat - JPNN.com Sultra
Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari drg. Rahminingrum. Foto dok

sultra.jpnn.com, KENDARI - Dinas Kesehatan Kota Kendari menyatakan 50 persen keluarga di kota lulo itu memenuhi 12 indikator kategori keluarga sehat. Sementara 48,5 persen masih dikategorikan pra sehat dan 1,5 persen masih dalam kategori tidak sehat.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari drg. Rahminingrum mengatakan penilaian itu berdasarkan program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).

"Jadi yang menjadi indikator dalam penilaian kategori keluarga sehat yakni indeks penilaian di atas 0,8, untuk pra sehat antara 0,5 hingga 0,8. Sementara untuk indikator tidak sehat atau belum sehat di bawah indeks 0,5," tutur Rahminingrum di Kendari, Rabu (20/7).

Pada rangkaian pertemuan koordinasi program Indonesia sehat dengan pendekatan Keluarga di salah satu hotel di Kota Kendari, juga di hadiri Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir dan unsur Forkopinda Kota Kendari.

Menurut Rahminingrum suatu keluarga dinyatakan sehat jika memenuhi 12 indikator diantaranya keluarga mengikuti program keluarga berencana (KB), ibu melakukan persalinan di fasilitas kesehatan, bayi mendapat imunisasi dasar lengkap dan beberapa indikator lainnya yang dipersyaratkan dalam program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (PIS-PK).

"Bila keluarga dinyatakan sehat ya kalau memenuhi 12 indikator itu yang memang dipersyaratkan diprogram PIS–PK itu," ujarnya.

Lebih lanjut Kadis Kesehatan Kendari berharap melalui pertemuan koordinasi penguatan program Indonesia sehat melalui pendekatan keluarga (PIS-PK) dengan seluruh camat dan lurah se kota Kendari dapat membantu mempercepat terwujudnya keluarga sehat khususnya di Kota Kendari.

"Melalui pertemuan kita ini dapat semakin menjadi penguatan dalam mencapai 12 indikator yang dipersyaratkan oleh program PIS – PK ini," harapnya.

Dinas Kesehatan Kota Kendari menyatakan 50 persen keluarga di kota lulo itu memenuhi 12 indikator kategori keluarga sehat.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia