Nelayan Hilang di Perairan Buton Dievakuasi di Kabupaten Bone Sulsel

Selasa, 23 Agustus 2022 – 05:40 WIB
Nelayan Hilang di Perairan Buton Dievakuasi di Kabupaten Bone Sulsel - JPNN.com Sultra
Nelayan Hilang di Perairan Buton Dievakuasi di Kabupaten Bone Sulsel. Ilusrasi dok

sultra.jpnn.com, KENDARI - Aman Saleh (40), nelayan yang sebelumnya dilaporkan hilang saat melaut di perairan antara Lande Sampolawa dan Pulau Batu Atas, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara ditemukan selamat.

Kantor Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Kendari Aris Sofingi mengatakan korban ditemukan oleh seorang nelayan penjaring ikan di sebelah timur Pulau Selayar sekitar 123 mil laut arah barat daya dari perkiraan lokasi korban dilaporkan hilang.

"Korban ini ditemukan nelayan penjaring ikan bernama Bapak Bumbung dalam keadaan selamat sekitar pukul 17.00 Wita, kemudian dievakuasi di daerah Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan," kata Aris, Senin (22/8).

Ia menjelaskan korban yang warga Dusun Lande I, Desa Gerak Makmur, Kecamatan Sampolawa, Kabupaten Buton Selatan, Sulawesi Tenggara ditemukan oleh nelayan asal Dusun Tipulue, Desa Toro, Kecamatan Tanete Riattang Timur, Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan.

Korban ditemukan berada dalam perahu panjangnya dengan kondisi hanyut terombang-ambing dan mesin perahu dalam keadaan mati akibat hantaman ombak.

"Penemuan korban tersebut dilaporkan kepada kami oleh Kepala Desa Lende. Dengan ditemukan korban maka operasi pencarian dinyatakan selesai dan ditutup, seluruh unsur yang terlibat dikembalikan ke kesatuannya masing-masing," kata Aris.

Pada Selasa (16/8), pukul 04.00 Wita, korban keluar melaut menggunakan perahu panjang GT 1 bermesin diesel atau engkol. Korban dilaporkan tidak membawa bekal makanan.

Kebiasaan korban paling lama satu hari sudah kembali, tetapi tak kunjung kembali. Pihak keluarga berupaya melakukan pencarian namun dengan hasil nihil.

Aman Saleh (40), nelayan yang hilang di Perairan Buton dievakuasi di Kabupaten Bone Provinsi Sulsel
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia