Lima Instruksi Wapres Ma'ruf Amin, Pemda Wajib Tahu

Rabu, 11 Mei 2022 – 06:47 WIB
Lima Instruksi Wapres Ma'ruf Amin, Pemda Wajib Tahu - JPNN.com Sultra
Wapres Ma’ruf Amin saat membuka Rakernas APPSI Tahun 2022, di Hotel Discovery Kartika Plaza, Bali, Senin (09/05/2022) malam. Foto: BPMI Setwapres

sultra.jpnn.com, BALI - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin mengeluarkan perintah yang isinya wajib diketahui oleh Pemerintah Daerah (Pemda). Ada lima yang ditekankan Wapres Ma'ruf Amin.

"Pemerintah daerah (pemda) memiliki peranan penting dalam menyukseskan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah," kata Wapres Amin saat membuka Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (Rakernas APPSI) Tahun 2022, Senin (9/5) di Bali.

Ada lima hal diinstruksikan Wapres Amin kepada Pemda, yaitu:

1. Dampak pandemi COVID-19 telah mengubah kondisi perekonomian masyarakat, sehingga pemerintah harus berjuang dalam mengatasinya dengan meningkatkan kembali perekonomian masyarakat.

“Saya minta program-program lebih banyak difokuskan pada penguatan daya beli dan penurunan kemiskinan melalui penciptaan lapangan kerja dan pemberdayaan ekonomi,” ujar Wapres Ma'aruf Amin dikutip dari laman Setkab, Selasa (10/5).

2. Wapres meminta pemda terus mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di daerah masing-masing.

Ciptakan ekosistem yang mendukung pencapaian optimal SDM di daerah melalui institusi ekonomi yang mampu memfasilitasi kemampuan dan bakat masyarakat terutama generasi muda.

3. Wapres mengajak pemerintah daerah untuk menyukseskan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI).

Dia menilai, penggunaan produk dalam negeri akan memperkuat ketahanan ekonomi nasional, utamanya dalam menghadapi berbagai tantangan ekonomi global saat ini.

Wakil Presiden Ma'ruf Amin menginstruksikan Pemda dalam menyukseskan pemerintahan.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia