IKI Produksi Tiga Kapal Roro Untuk KTI, Satu Buat Sultra

Rabu, 15 Juni 2022 – 09:55 WIB
IKI Produksi Tiga Kapal Roro Untuk KTI, Satu Buat Sultra - JPNN.com Sultra
Direktur Utama PT Industri Kapal Indonesia (IKI) Diana Rosa. Foto Antara

sultra.jpnn.com, WAKATOBI - Direktur Utama PT Industri Kapal Indonesia (IKI) Diana Rosa mengatakan pihaknya telah memproduksi tiga kapal roro yang peruntukannya di Kawasan Timur Indonesia (KTI) sepanjang tahun 2021 hingga Juni 2022.

Salah satu kapal roro yang diproduksi diperuntukkan di Sulawesi Tenggara. Kapal tersebut adalah Kapal Motor Penumpang (KMP) Sultan Murhum II.

"Selama 2021 sampai 2022 ini yang diproduksi tiga kapal, kalau kapal baru," kata Diana Rosa saat ditemui di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, Senin (13/6).

Dia menyampaikan tiga kapal baru yang diproduksi yakni kapal roro di Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, dan satu Kapal Motor Penumpang (KMP) Sultan Murhum II yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 9 Juni di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra).

"Itu kita sudah dua unit kapal roro yaitu di Selayar dengan di Wakatobi ini, tapi yang satu adalah kapal patroli untuk di Kota Sorong, Provinsi Papua," ujar dia.

Ia menyebut khusus di wilayah Sulawesi Tenggara pihaknya baru pertama kali menerima pesanan pembuatan KMP. Namun dia menegaskan jika masih ada permintaan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk memproduksi kapal roro di wilayah Sultra, pihaknya siap.

"Baru ini di Sultra, nanti kami tergantung Bapak Menteri Perhubungan, apabila ditugaskan, karena kami memang ahlinya di dalam pembuatan kapal penumpang roro ini, jadi kami siap tergantung nanti perintah Menteri Perhubungan," ujar dia.

Dia menyebut KMP Sultan Murhum II yang telah diresmikan Presiden Joko Widodo adalah pesanan Kemenhub untuk menguatkan konektivitas antar-kepulauan di Wakatobi

Salah satu kapal roro yang diproduksi IKI diperuntukkan di Sulawesi Tenggara. Kapal tersebut adalah Kapal Motor Penumpang (KMP) Sultan Murhum II.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia