Kapal Pelni dan Feri Dok di IKI

Jumat, 17 Juni 2022 – 22:22 WIB
Kapal Pelni dan Feri Dok di IKI - JPNN.com Sultra
Direktur Utama PT Industri Kapal Indonesia (IKI), Diana Rosa. Foto Antara

sultra.jpnn.com, KENDARI - Direktur Utama PT Industri Kapal Indonesia (IKI), Diana Rosa mengatakan hampir seluruhnya kapal milik Pelni dan feri yang beroperasi di Kawasan Timur Indonesia dok di galangan kapal milik IKI.

Dia menyampaikan pihaknya sudah melayani perawatan kapal mulai dari Pelni, Pelindo, Feri Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP), termasuk kapal PT Pertamina Trans Kontinental (PTK) yang ada di seluruh wilayah Sulawesi.

"Sampai detik ini untuk kapal-kapal Pelni, ASDP juga kapal swasta yang tol laut itu sudah 70 persen docking di kami," kata Direktur Utama PT IKI Diana Rosa dari Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis (16/6).

Diana menyebut pihaknya menargetkan sepanjang tahun 2022 minimal 85 persen kapal-kapal yang ada di wilayah timur Indonesia melakukan perawatan di galangan perusahaan milik BUMN tersebut baik yang ada di Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan maupun di Kota Bitung Provinsi Sulawesi Utara.

"Harapan kami di 2022 minimum 85 persen kapal di wilayah timur bisa masuk karena kapasitas kami juga lumayan, di Makassar (Sulawesi Selatan) maupun di Bitung (Sulawesi Utara)," ujar dia.

Dijelaskan bahwa secara regulasi kapal-kapal penumpang ataupun kapal lainnya dalam satu tahun harus dilakukan perawatan atau docking. Dia juga menyebut bahwa PT IKI merupakan galangan kapal tersebar di wilayah timur Indonesia.

"Jadi kalau kami bahwasanya BUMN Untuk Indonesia itu harus, kami harus siap melayani docking repair kapal-kapal di wilayah Timur Indonesia," ucap dia.

Dia menambahkan pihaknya bercita-cita ke depan bisa berdaya saing di tingkat global, bisa dikenal oleh luar negeri dan galangan-galangan kapal luar negeri pun bisa bekerja sama dengan PT IKI. (ant/jpnn)

Direktur Utama PT Industri Kapal Indonesia (IKI), Diana Rosa mengatakan hampir seluruhnya kapal milik Pelni dan feri perawatannya di galangan kapal IKI.

Redaktur & Reporter : Arwan Mannaungeng

Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia