Peringatan Dini BMKG, Waspadai Hujan Lebat di Delapan Wilayah di Sultra

Senin, 04 Juli 2022 – 04:32 WIB
Peringatan Dini BMKG, Waspadai Hujan Lebat di Delapan Wilayah di Sultra - JPNN.com Sultra
Peringatan Dini BMKG, Waspadai Hujan Lebat di Delapan Wilayah di Sultra. Foto dok

sultra.jpnn.com, KENDARI - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mengeluarkan peringatan dini kepada masyarakat. Peringatan dini tersebut menyangkut prediksi hujan lebat disertai petir dan angin kencang berpotensi terjadi di delapan wilayah.

BMKG Sultra mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak potensi cuaca hujan lebat yang dapat ditimbulkan seperti banjir, genangan, angin kencang, pohon tumbang, hingga jalan licin.

Koordinator Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Faizal Habibie mengatakan delapan daerah berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat.

"Peringatan dini cuaca di wilayah Sultra berpotensi hujan sedang hingga lebat disertai kilat atau petir dan angin kencang di delapan daerah yakni Kabupaten Kolaka, Kolaka Timur, Konawe, Konawe Selatan, Konawe Utara, Konawe Kepulauan, Buton Utara, dan Kota Kendari," kata Faizal dalam keterangan tertulis Humas BMKG Sultra, Minggu (3/7). 

Faizal menjelaskan di Kabupaten Kolaka potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di Kecamatan Wundulako, Kolaka, Latambaga yang dapat meluas ke Pomalaa, Baula, dan Samaturu.

Selanjutnya di Kabupaten Kolaka Timur, potensi hujan sedang hingga lebat dapat terjadi di Kecamatan Tirawuta, Loea, Ladongi, Lalolae, Mowewe, Tinondo yang dapat meluas ke Poli Polia, Lambandia, Uluiwoi, Aere, dan Dangia.

Kemudian di Kabupaten Konawe, hujan berpotensi terjadi di Kecamatan Lambuya, Unaaha, Wawotobi, Pondidaha, Sampara, Soropia, Tongauna, Puriala, Uepai, Wonggeduku, Besulutu, Anggaberi, Meluhu, Amonggedo, Konawe, Lalonggasumeeto, Onembute, Wonggeduku Barat, Anggotoa yang dapat meluas ke Abuki, Latoma, Bondoala, Asinua, Kapoiala, Padangguni, Morosi, Anggalomoare, dan Tongauna Utara.

Berikutnya di Kabupaten Konawe Selatan potensi hujan di Kecamatan Tinanggea, Angata, Andoolo, Landono, Konda, Ranomeeto, Kolono, Moramo, Laonti, Benua, Mowila, Moramo Utara, Buke, Wolasi, Baito, Ranomeeto Barat, Sabulakoa, Andoolo Barat yang dapat meluas ke Palangga, Lainea, Lalembuu, Palangga Selatan, Laeya, Basala, dan Kolono Timur.

BMKG Sultra mengimbau masyarakat agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak potensi cuaca hujan lebat
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia