Datangkan Minyak Goreng Curah dari Makassar, Bulog dan Pemkot Baubau Gelar Operasi Pasar

Rabu, 13 Juli 2022 – 09:09 WIB
Datangkan Minyak Goreng Curah dari Makassar, Bulog dan Pemkot Baubau Gelar Operasi Pasar - JPNN.com Sultra
Datangkan Minyang Goreng Curah dari Makassar, Bulog dan Pemkot Baubau Gelar Operasi Pasar. Foto Antara

sultra.jpnn.com, BAUBAU - Badan Urusan Logistik (Bulog) bersama Pemerintah Kota Baubau Provinsi Sulawesi Tenggara sengaja mendatangkan minyak goreng curah dari Makassar, Sulawesi Selatan.

Sebanyak 9.000 liter minyak goreng curah didatangkan untuk menggelar operasi pasar dengan harga Rp 14.500 per liter dan Rp 15.500 per kilo.

Wali Kota Baubau, La Ode Ahmad Monianse mengatakan saat ini tersedianya minyak goreng melalui operasi pasar itu karena dilatarbelakangi stoknya yang sempat langka dan membuat harganya melambung cukup tinggi.

"Kami coba masuk (operasi pasar) minyak goreng karena Bulog punya stok. Ke depan, harapan kita semua komoditas kebutuhan masyarakat dapat lebih terjangkau," ujar La Ode Ahmad Monianse di Baubau, Selasa (12/7).

Terkait intervensi pemerintah agar penyebab melambungnya harga kebutuhan pangan di pasaran dapat ditekan, menurutnya ada dua hal, yakni ketersediaan dan keterjangkauan komoditas itu.

"Jadi untuk bisa mengatasi masalah itu harus tersedia jangan sampai langka, kemudian harus terjangkau, jadi harus ada pengendalian harga. Tapi kita juga dari pemerintah tidak bisa mengintervensi terlalu jauh pasar, tapi mencoba membangun kebijakan yang pada akhirnya harga itu bisa turun dengan sendirinya," katanya.

Sementara, Asisten Manager Operasional Sub Divre Bulog Baubau, Syahrul Budi Ramadan mengatakan operasi pasar yang difokuskan di pasar Wameo itu disiapkan sebanyak 9.000 liter minyak goreng curah subsidi bagi masyarakat Baubau dan sekitarnya.

"Jadi masyarakat sekitarnya seperti dari Busel, Buton bisa datang. Hari ini kita siapkan satu tangki dan target kita selesai hari ini," ujarnya sambil menyebut minyak goreng tersebut didatangkan dari Sulsel.

Sebanyak 9.000 liter minyak goreng curah didatangkan untuk menggelar operasi pasar dengan harga Rp 14.500 per liter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News