Prakiraan Cuaca Sultra Hari Ini, BMKG Kendari Sebut 8 Wilayah Bakal Diguyur Hujan

Rabu, 13 Juli 2022 – 09:14 WIB
Prakiraan Cuaca Sultra Hari Ini, BMKG Kendari Sebut 8 Wilayah Bakal Diguyur Hujan - JPNN.com Sultra
Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Faizal Habibie . Foto : La Ode Muh Deden Saputra/JPNN.com

sultra.jpnn.com, KENDARI - Pembaca setia JPNN Sultra.  Seperti biasa, pagi ini kami kembali menyapa Anda dengan informasi prakiraan cuaca yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kendari.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Faizal Habibie mengatakan terdapat delapan Kabupaten/Kota di Sulawesi Tenggara (Stra) berpotensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai dengan guntur dan angin kencang.

Ia menyebutkan hal itu disebabkan nilai index SOI dan ENSO yang signifikan.

"Terpantau gelombang tipe Low Frequency dan Rossby Ekuatorial yang aktif di wilayah Sultra," ucap Faizal Habibie kepada JPNN.com, Rabu (13/7).

Selain itu, lanjutnya, hal itu juga disebabkan oleh anomali suhu muka laut di perairan sekitar wilayah Sultra yang dapat meningkatkan penguapan atau penambahan massa uap air.

"Massa udara basah lapisan rendah dan Indeks labilitas kuat skala lokal terkonsentrasi di wilayah Sultra. Faktor-faktor tersebut yang dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan," katanya.

Adapun kedelapan Kabupaten/Kota yang berpotensi diguyur hujan sedang hingga lebat tersebut, yakni Kabupaten Konawe Utara (Konut), Konawe Kepulauan (Konkep), Kolaka dan Kabupaten Konawe Selatan (Konsel).

"Serta Kabupaten Buton Utara (Butur), Konawe, Muna dan Kota Kendari," jelasnya. (mcr6/jpnn)

Rilis BMKG tersebut memprakirakan beberapa wilayah di Sultra bakal dilanda hujan sedang hingga lebat.

Redaktur : Arwan Mannaungeng
Reporter : La Ode Muh. Deden Saputra

Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia