Daratan Konawe dan Kepulauan Serta Empat Daerah Lainnya di Sultra Berpotensi Hujan Hari Ini

Senin, 10 Oktober 2022 – 09:54 WIB
Daratan Konawe dan Kepulauan Serta Empat Daerah Lainnya di Sultra Berpotensi Hujan Hari Ini - JPNN.com Sultra
Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Kendari Faizal Habibie. Foto: La Ode Muh Deden Saputra/JPNN.com

sultra.jpnn.com, KENDARI - Selamat pagi pembaca setia JPNN Sultra. Seperti biasa, kami kembali hadir untuk menyertakan prakiraan cuaca di Sulawesi Tenggara (Sultra) sesuai data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

Menurut BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Kendari, seluruh daerah di Konawe dan empat kabupaten/kota lainnya di Sultra berpotensi diguyur hujan sedang yang dapat disertai guntur dan angin kencang hari ini, Senin (10/10).

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Kendari Faizal Habibie merinci empat kabupaten di Konawe masing-masing Kabupaten Konawe, Konawe Selatan (Konsel), Konawe Utara (Konut) dan Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep).

Sementara empat daerah lainnya adalah Serta Kabupaten Kolaka, Kolaka Timur (Koltom), Buton Utara (Butur) dan Kota Kendari. 

Faizal mengatakan hujan yang terjadi hampir di seluruh wilayah Sultra disebabkan oleh gelombang atmosfer tipe low frequncy atau frekuensi rendah (gelombang atmosfer yang bergerak ke arah barat dan terletak di sepanjang ekuator) terpantau aktif di wilayah Sulawesi.

"Dan anomali suhu muka laut di perairan wilayah Sultra yang dapat meningkatkan penguapan (penambahan massa uap air)," ucap Faizal kepada JPNN.com melalui pesan WhatsApp, Senin (10/10).

Selain itu,  massa udara basah laporan rendah dan Indeks labilitas kuat skala lokal terkonsentrasi di wilayah Sultra menjadi penyebab lainnya hujan di beberapa wilayah tersebut.

Menurut BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Kendari, seluruh daerah di Konawe dan empat kabupaten/kota lainnya di Sultra berpotensi diguyur hujan

Redaktur : Arwan Mannaungeng
Reporter : La Ode Muh. Deden Saputra

Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia