Vaksinasi COVID-19 Inklusif Teruntuk Disabilitas, Membangun Interaksi Beretika

Rabu, 27 Juli 2022 – 14:26 WIB
Vaksinasi COVID-19 Inklusif Teruntuk Disabilitas, Membangun Interaksi Beretika - JPNN.com Sultra
Ilustrasi. Pelaksanaan vaksinasi inklusif yang digelar di Gowa, Sulsel. Foto ANTARA

sultra.jpnn.com, MAKASSAR - Petugas dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan punya pengalaman baru dalam melakukan vaksinasi COVID-19 inklusif bagi kelompok rentan seperti kaum disabilitas.

Plt Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan dr Arman Bausat menyatakan pihaknya telah menyusun panduan penyelenggaraan vaksinasi COVID-19 yang inklusif bersama sejumlah organisasi penyandang disabilitas.

“Pemahaman baru bagi tenaga kesehatan tentang etika berinteraksi dengan kelompok penyandang disabilitas dan lansia ini, sama pentingnya dengan pencapaian target jumlah penerima vaksin seperti yang selama ini difokuskan dalam layanan vaksinasi regular,” kata dr Arman di Makassar, Selasa (26/7).

Oleh karena itu, kata dia, Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan akan segera menebarkan pesan pembelajaran ini kepada seluruh kantor dinas di seluruh kabupaten/kota.

Dokter Arman juga menyampaikan keterlibatan Departemen Ilmu Kedokteran Komunitas (IKK) dan Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) Universitas Hasanuddin sebagai salah satu motor penggerak dan implementer
vaksinasi inklusif di Kabupaten Maros perlu diperluas untuk mencakup daerah lain di Sulawesi Selatan.

"Apa yang dilakukan oleh tim ini sangat efektif berkontribusi dalam meningkatkan cakupan vaksinasi COVID-19," ujarnya.

Untuk menggelar vaksinasi inklusif itu, Dinas Kesehatan Sulsel didukung oleh Pemerintah Australia melalui Program Kemitraan Australia Indonesia untuk Ketahanan Kesehatan (AIHSP) serta berbagai pihak lainnya yang terlibat dalam vaksinasi inklusif di lima kabupaten di Sulsel untuk menemukan pola yang tepat bagi disabilitas, memberikan rasa aman dan nyaman.

Koordinator AIHSP untuk wilayah Sulsel Agung Putu Joni Wahyuda mengemukakan bahwa pihaknya telah menggagas vaksinasi inklusif pada lima kabupaten untuk menemukan pola atau metode khususnya pada pelayanan vaksinasi COVID-19.

Petugas dari Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Selatan punya pengalaman baru dalam melakukan vaksinasi COVID-19

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News