Pencegahan Dini Cacar Monyet, Pemkot Makassar Buka Posko Pengaduan

Kamis, 25 Agustus 2022 – 23:03 WIB
Pencegahan Dini Cacar Monyet, Pemkot Makassar Buka Posko Pengaduan - JPNN.com Sultra
Pencegahan Dini Cacar Monyet, Pemkot Makassar Buka Posko Pengaduan. Foto Antara

sultra.jpnn.com, MAKASSAR - Pemerintah Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan membuka posko pengaduan cacar monyet. Upaya itu dilakukan untuk pencegahan dini penyebaran virus cacar monyet menyusul ditemukannya pasien suspek.

"Kontainer (Makassar Recover) pada kecamatan dan kelurahan jadi posko. Semua jadi posko, recover center kalau keadaan darurat seperti ini," ujar Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto saat dihubungi Kamis (25/8).

Posko yang dimaksudkan adalah kontainer yang sudah terbangun di sejumlah kantor kecamatan dan kelurahan sebelumnya digunakan sebagai posko penangananan COVID-19.

Tak Perlu Panik

Kendati demikian, pria akrab disapa Danny Pomanto ini meminta masyarakat tidak perlu panik dan tetap tenang. Sebab, penularan virus ini berbeda dengan COVID-19 yang menularkan lewat air liur, bersin maupun droplet.

Namun apabila ada orang yang sudah bergejala terpapar virus cacar monyet, sebaiknya dimbau tidak melakukan kontak fisik dengan pasien, demi menghindari penularan.

"Tidak perlu panik, virus ini tidak sama dengan COVID-19 yang penyebarannya cepat. Penularan bisa terjadi kalau ada sentuhan fisik, makanya jangan sembarangan disentuh-sentuh," turut Danny menyarankan.

Mengenai dengan virus tersebut, pihaknya sudah berkonsultasi dengan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Makassar.

Dalam pertemuan itu, bagi orang yang sudah vaksin cacar masih punya kekebalan tubuh sekitar 20 persen menghalau virus masuk ke tubuhnya.

Pemerintah Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan membuka posko pengaduan cacar monyet
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia