DPKH Sulsel Ungkap 986 Ekor Ternak Sembuh dari PMK

Jumat, 26 Agustus 2022 – 14:10 WIB
DPKH Sulsel Ungkap 986 Ekor Ternak Sembuh dari PMK - JPNN.com Sultra
DPKH Sulsel Ungkap 986 Ekor Ternak Sembuh dari PMK. Foto Antara

sultra.jpnn.com, MAKASSAR - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DKPH) Provinsi Sulawesi Selatan mengungkap sebanyak 986 ekor hewan ternak yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) telah sembuh. Ternak yang dinyatakan terbebas dari PMK tersebar di seluruh wilayah Sulsel.

Kepala DPKH Sulsel Nurlina Saking mengatakan ratusan hewan ternak yang sudah dinyatakan sembuh itu berasal dari berbagai daerah, seperti Kabupaten Jeneponto (438 ekor), Makassar (137 ekor), Takalar (82 ekor) dan Tana Toraja sebanyak 52 ekor.

"Selanjutnya Kabupaten Toraja Utara, Gowa (51 ekor), Bone (50 ekor), Bulukumba ( 46 ekor), Kabupaten Bantaeng (41 ekor), dan Kabupaten Luwu sebanyak 36 ekor," kata Nurlina di Makassar, Kamis (25/8).

Adapun total hewan ternak di Sulsel yang masih mengidap penyakit PMK dan dalam proses penyembuhan masih mencapai 2.372 ekor.

Dari ribuan ekor itu, kasus terbesar ditemukan di Kabupaten Jeneponto sebanyak 612 ekor ternak, disusul Takalar (577 ekor), Bulukumba (368 ekor), Bone (235 ekor), dan Enrekang sebanyak 179 ekor, Toraja Utara sebanyak 98 ekor.

Adapun sisanya tersebar di sejumlah daerah seperti Makassar, Gowa, Bantaeng, Sinjai, Pinrang, Pangkep, Soppeng hingga Luwu.

"Sementara untuk kasus kematian hewan ternak, sesuai data per hari ini sebanyak 70 ekor dan potong bersyarat sebanyak 559 ekor," sebutnya.

DPHK Sulsel dan kabupaten kota kini terus fokus melakukan berbagai upaya termasuk tentunya proses pemberian vaksin di daerah masing-masing.

DPKH Sulsel mengungkap sebanyak 986 ekor hewan ternak yang terjangkit Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) telah sembuh
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia