Buruh Boikot Aktivitas Bongkar Muat di Pelabuhan Bungkutoko

Rabu, 28 September 2022 – 05:15 WIB
Buruh Boikot Aktivitas Bongkar Muat di Pelabuhan Bungkutoko - JPNN.com Sultra
Proses pemboikotan aktivitas di pelabuhan Bungkutoko. Foto: Dok. Polresta Kendari.

sultra.jpnn.com, KENDARI - Puluhan buruh dari Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Tunas Bangsa Mandiri memboikot aktivitas bongkar muat di Pelabuhan Bungkutoko, Kecamatan Nambo, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Selasa (27/9) siang.

Aksi pemboikotan itu dilakukan karena PT Pelindo tidak memperkerjakan para buruh buruh dari TKBM Tunas Bangsa Mandiri. Padahal, semua dokumen-dokumen TKBM Tunas Bangsa Mandiri sudah memenuhi legalitas yang sah. 

Pantauan awak media JPNN.com, para massa memboikot aktivitas di pelabuhan dengan cara memblokir jalan kendaraan yang bakal melakukan bongkar muat di pelabuhan Bungkutoko menuju PT Pelindo.

Anggota TKBM Tunas Bangsa Mandiri,  Lino mengatakan pihaknya telah lama bersabar dengan perlakuan PT Pelindo yang tak kunjung memperkerjakan mereka.

"Kesabaran kami sebagai buruh di sini sudah habis, makanya kita lakukan blokade jalan dan menghentikan aktivitas bongkar muat," ucap Lino.

Lino menyebutkan buruh yang berada di naungan TKBM Tunas Bangsa Mandiri merupakan warga sekitar pelabuhan dan PT Pelindo itu. 

"Pekerjaan itu juga untuk memenuhi kebutuhan hidup anak dan istri mereka dan hanya dari pekerjaan itu mereka berharap," katanya.

Dengan dikesampingkan seperti itu, lanjutnya, mata pencarian para warga hilang dan membuat para buruh harus turun tangan meminta rekomendasi kerja dari pihak Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP). 

Pemboikotan aktivitas di pelabuhan Bungkutoko karena pihak buruh TKBM Tunas Bangsa Mandiri kesal tidak dipekerjakan.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia