Makna Gelar La Ode Muhammad Joko Widodo Lakina Bhawaangi yi Nusantara dari Kesultanan Buton

Kamis, 29 September 2022 – 04:36 WIB
Makna Gelar La Ode Muhammad Joko Widodo Lakina Bhawaangi yi Nusantara dari Kesultanan Buton - JPNN.com Sultra
Presiden Joko Widodo (kiri) dianugerahi Gelar Kehormatan Adat Kesultanan Buton La Ode Muhammad Lakina Bhawaangi yi Nusantara dalam acara yang diselenggarakan di Baruga Keraton Kesultanan Buton, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara, Selasa (27/9). Foto ANTARA

sultra.jpnn.com, BAUBAU - Presiden Joko Widodo mendapat gelar dari Kesultanan Buton dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa (27/9).

Jokowi diberi gelar La Ode Muhammad Joko Widodo Lakina Bhawaangi yi Nusantara pada prosesi adat di Baruga Keraton Kesultanan Buton, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara.

Sebelum prosesi pemberian gelar, Jokowi terlebih dahulu mendengarkan penjelasan tentang penganugerahan gelar kehormatan adat Kesultanan Buton yang dibacakan oleh perwakilan Kesultanan Buton La Ode Muhamad Arsal.

La Ode Muhamad Arsal mengatakan bahwa pada hari ini bertepatan dengan 1 Rabiul Awal 1444 H, kesultanan memberikan Gelar Kehormatan Adat dan Budaya Kesultanan Buton, La Ode Muhammad Joko Widodo Lakina Bhawaangi yi Nusantara.

“Dengan dianugerahkannya gelar tersebut, maka Bapak La Ode Muhammad Joko Widodo Lakina Bhawaangi yi Nusantara dinobatkan secara resmi menjadi kerabat dan sesepuh dalam daerah eks-Kesultanan Buton,” kata La Ode Muhamad Arsal seperti yang dilansir dari JPNN, Kamis (29/9). 

Untuk itu, kata La Ode Muhamad Arsal, perangkat Lembaga Adat Kesultanan Buton menitipkan pesan dan harapan kepada Presiden Jokowi.

“Agar Bapak La Ode Joko Widodo senantiasa tetap menjaga muruah bekas Kesultanan Buton selama berdomisili di Ibu Kota Negara Kesatuan Republik Indonesia atau di mana pun berada,” kata La Ode Muhamad Arsal.

La Ode Muhamad Arsal menjelaskan gelar tersebut bermakna seorang laki-laki yang memiliki sikap dan perilaku yang mulia, rendah hati, sopan santun, arif, bijaksana, jujur, adil, bertanggung jawab, memberi teladan dan panutan, serta memiliki komitmen yang tinggi dalam menyejahterakan dan memakmurkan seluruh rakyat di Indonesia.

Presiden Joko Widodo mendapat gelar dari Kesultanan Buton dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sulawesi Tenggara, Selasa (27/9).
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia