Mahasiswa UHO yang Ditemukan Tewas di Indekos Menderita Asfiksia

Selasa, 18 Oktober 2022 – 15:48 WIB
Mahasiswa UHO yang Ditemukan Tewas di Indekos Menderita Asfiksia - JPNN.com Sultra
Jenazah Muhammad Zaid Mubaraq saat dinaikan ke mobil jenazah. Foto: La Ode Muh Deden Saputra/JPNN.com

sultra.jpnn.com, KENDARI - Penyebab kematian seorang mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO) bernama Muhammad Zaid Mubaraq akhirnya terungkap.

Mahasiswa UHO yang ditemukan tewas di dalam indekosnya karena mengalami asfiksia atau kondisi kadar oksigen dalam tubuh berkurang.

Kasubbid Yanmed Dokpol Rumah Sakit Bhayangkara Kendari Abidin mengatakan setelah dilakukan pemeriksaan luar terhadap jenazah korban ditemukan beberapa ciri-ciri asfiksia.

"Berdasarkan hasil pemeriksaan luar, almarhum itu ada ciri-ciri kekurangan oksigen. Ada biru-biru di kuku, mata, artinya ada asfiksia," ucap Abidin, Minggu (16/10). 

Ia membeberkan pengidap asfiksia akan merasakan sesak saat bernafas sehingga membuat tubuh kekurangan oksigen. 

Meski begitu, Abidin menyebutkan penyebab asfiksia sendiri karena paparan zat kimia dan asap atau menderita penyakit tertentu.

Kondisi tersebut bisa menyebabkan hilangnya kesadaran, cedera otak, hingga kematian dengan mengeluarkan busa di mulut seseorang. 

"Untuk almarhum, kami belum tahu apa penyebabnya sehingga mengalami asfiksia. Sebab, untuk mengungkap itu harus dilakukan pemeriksaan organ bagian dalam agar bisa melihat jantung dan paru-parunya. Tapi kami tidak dilakukan karena pihak keluarga menolak," katanya. 

Pengidap Asfiskia dapat menyebabkan hilangnya kesadaran, cedera otak hingga kematian.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia