Ditipu Penjual Ternak, Musala Batal Sembeli Hewan Kurban

Senin, 11 Juli 2022 – 06:35 WIB
Ditipu Penjual Ternak, Musala Batal Sembeli Hewan Kurban - JPNN.com Sultra
Ditipu Penjual Ternak, Musala Batal Sembeli Hewan Kurban. Foto Antara

sultra.jpnn.com, BUKITTINGGI - Penipu tak mengenal tempat dan waktu. Dalam ibadah pun, sang pengecoh bisa menjadikannya momen untuk meraup keuntungan.

Seperti yang dialami Mushala Baitul Jannah di RT 007/RW 001 Kelurahan Campago Ipuah, Kecamatan Mandiangin, Koto Selayan, Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar).

Jemaah Mushala Baitul Jannah gagal melaksanakan kurban pada Iduladha 2022 karena lima ekor sapi dan satu kambing yang dipesan tidak kunjung datang.

"Kami merasa ditipu, lima ekor sapi dan satu kambing yang kami pesan kepada penyedia hewan kurban atas nama Aldi tidak juga datang, kerugian Rp 100 juta lebih," kata Ketua Panitia Kurban Mushala Baitul Jannah M Zadry, di Campang Ipuah, Bukittinggi, Minggu (10/7).

Ia mengatakan, lima ekor sapi dan satu ekor kambing itu merupakan iuran hasil kurban dari 36 orang warga dengan 350 kupon kurban yang telah disebar.

"Kami mendapat informasi, ada sekitar lima mushala termasuk masjid di Bukittinggi ini yang juga mengalami hal serupa, sapi kurban dari penyedia yang sama tidak kunjung datang atau bermasalah, termasuk korbannya salah seorang anggota DPRD," katanya menegaskan.

Dia berencana bersama pengurus musala akan melaporkan secara resmi ke kepolisian jika sampai Senin (11/7) ini, penyedia tidak kunjung datang atau memberi kabar.

"Pemesanan sudah sejak satu bulan lalu dan sudah kami lunasi dengan rincian satu peserta kurban Rp 2,8 juta, jika tidak ada iktikat baik, Senin (11/7) besok rencana kami laporkan bersama pengurus lainnya," kata dia lagi.

Dalam ibadah pun, penipu bisa menjadikannya momen untuk meraup keuntungan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News