Waspada Lembaga Amil Zakat Bodong Selama Ramadan

Jumat, 15 April 2022 – 20:45 WIB
Waspada Lembaga Amil Zakat Bodong Selama Ramadan - JPNN.com Sultra
PKK Sulsel gandeng Baznas bagikan bantuan kepada masyarakat miskin di daerah itu. Foto: ANTARA

sultra.jpnn.com, MAKASSAR - Bulan Ramadan menjadi momentum untuk orang berbuat baik. Tapi jangan lupa orang yang punya niat jahat. Bulan suci juga bisa menjadi kesempatan untuk mendapatkan keuntungan dengan jalan yang tidak benar.

Pesan ini disampaikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sulawesi Selatan. Seluruh masyarakat diimbau untuk waspada terhadap Lembaga Amil Zakat (LAZ) bodong selama Ramadan.

"Ini momentumnya, banyak orang mau dan berlomba-lomba berbuat baik, sehingga beberapa oknum memanfaatkan Ramadan ini dan LAZ liar itu baru kelihatan di Ramadan," ungkap Ketua Baznas Sulsel Muhammad Khidri Alwi di Makassar, Jumat (15/4).

Baznas Sulsel merilis sejumlah LAZ yang sering dijumpai di Sulsel dan telah terdaftar serta memiliki izin beroperasi oleh Kementerian Agama yakni Rumah Zakat, Dompet Dhuafa, Inisiatif Zakat Indonesia (IZI), Wahdah Inspirasi Zakat (WIZ), Baitul Mall Hidayatullah, dt Peduli, Yatim Mandiri, Baitulmaal Muamalat, LAZ Al Azhar, Lazismu Sulsel dan Ikhlas Peduli Umat.

Menurut Khidri, selain menghimpun Zakat, Infaq dan Sedekah (ZIS), telah menjadi tugas Baznas dalam menertibkan LAZ liar, khususnya di daerah melalui Baznas masing-masing kabupaten/kota.

Pasalnya, daerah kian menjadi sasaran empuk LAZ nakal maupun oknum-oknum yang meminta sumbangan tanpa adanya lembaga resmi yang menaungi.

"Bukan hanya LAZ liar tapi juga yang datang ke rumah, itu semua kita awasi. Tapi memang kami akui memiliki keterbatasan, karena personil kami pun terbatas, sehingga harus menunggu ada yang melapor," kata dia.

Khidri mengisahkan bahwa dua tahun lalu telah didapati LAZ yang tidak mengantongi izin di Kabupaten Pinrang. Setelah ditelusuri, ternyata LAZ tersebut berkantor di Kalimantan namun beroperasi di Sulawesi Selatan.

Baznas Sulsel mengimbau masyarakat untuk mewaspadai lembaga amil zakat bodong selama ramadan.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia