Kemenag Lebaran Iduladha Minggu, Muhammadiyah dan Arab Saudi Sabtu

Jumat, 01 Juli 2022 – 08:07 WIB
Kemenag Lebaran Iduladha Minggu, Muhammadiyah dan Arab Saudi Sabtu - JPNN.com Sultra
Wakil Menteri Agama Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi. Foto: Mesya/dok.JPNN.com

sultra.jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Agama (Kemenag) sudah mengumumkan bahwa 10 Dzulhijjah 1443 Hijriah bertepatan dengan Minggu 10 Juli 2022. Itu Artinya bahwa lebaran Iduladha akan digelar pada Minggu.

Keputusan itu diumumkan oleh Wakil Menteri Agama Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi sesuai sidang isbat, Rabu (29/10).

Sidang Isbat Kemenag Lebaran Iduladha Minggu 10 Juli 2022

Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi mengatakan sidang isbat menyepakati Iduladha 10 Dzulhijah 1443 Hijriah jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022.

"Sidang isbat telah mengambil kesepakatan bahwa tanggal 1 Zulhijah 1443 Hijriah ditetapkan jatuh pada Jumat, 1 Juli 2022," tutur Wamenag Zainut Tauhid Sa'adi usai memimpin Sidang Isbat awal Zulhijah, di Jakarta, Rabu (29/6).

Dia menjelaskan keputusan itu didasarkan dari pantau hilal di 86 titik seluruh wilayah Indonesia, kemudian dilanjutkan dengan rapat sidang isbat.

Menurutnya, proses pengamatan hilal ini menjadi pertimbangan penting dalam sidang isbat.

"Dari 34 provinsi yang telah kami tempatkan pemantau hilal, tidak ada satu pun dari mereka yang menyaksikan hilal," jelasnya.

Sidang isbat yang digelar secara daring dan luring ini diawali dengan pemaparan posisi hilal oleh anggota tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag, Thomas Djamaluddin.

Keputusan itu diumumkan oleh Wakil Menteri Agama Wakil Menteri Agama (Wamenag) Zainut Tauhid Sa'adi sesuai sidang isbat, Rabu (29/10).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News