Sepanjang Hari Konut Diguyur Hujan, Waspada Banjir

Sabtu, 16 Juli 2022 – 08:45 WIB
Sepanjang Hari Konut Diguyur Hujan, Waspada Banjir - JPNN.com Sultra
Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Kendari. Foto : La Ode Muh Deden Saputra/JPNN.com

sultra.jpnn.com, KENDARI - Selamat pagi pembaca setia JPNN Sultra. Mengawali akhir pekan Anda, Kami kembali menyediakan informasi prakiraan cuaca di wilayah Provinsi Sulawesi Tenggara. 

Berdasarkan analisa BMKG Stasiun Meteorologi Maritim Kelas II Kendari, ada dua wilayah Utara di Sultra bakal diguyur hujan sedang hingga lebat disertai guntur dan angin kencang.

Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim Kendari Faizal Habibie mengatakan dua wilayah tersebut, yakni Kabupaten Konawe Utara (Konut) dan Kolaka Utara (Kolut).

Adapun waktu hujan turun di Kabupaten Konut, lanjutnya, hujan ringan pada pagi hari, hujan sedang hingga lebat disiang hari dan kembali ringan pada malam harinya. Sedangkan, untuk di wilayah Kolut, pagi hingga siang bakal diguyur hujan ringan.

Ia menyebutkan hal itu disebabkan oleh index SOI (tekanan permukaan di Tahiti dan tekanan permukaan di Darwin) dan ENSO (penyimpangan iklim di Samudera Pasifik yang ditandai dengan kenaikan suhu permukaan laut  di daerah katulistiwa bagian Tengah dan Timur) yang menunjukan nilai signifikan.

"Gelombang tipe Low Frequency dan Rossby Ekuatorial yang aktif terpantau di wilayah Sultra. Sehingga Anomali suhu muka laut di Perairan sekitar wilayah tersebut dapat meningkatkan penguapan (penambahan massa uap air)," katanya.

Selain itu, ia menyebutkan lapisan rendah dan Indeks labilitas kuat skala lokal terkonsentrasi di wilayah Bumi Anoa.

"Sehingga faktor-faktor tersebut yang dapat meningkatkan potensi pembentukan awan hujan," katanya.

Rilis BMKG tersebut memprakirakan beberapa wilayah di Sultra bakal dilanda hujan sedang hingga lebat.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia