Basarnas Kendari Evakuasi Kapal KMN Minasa Mekka 01 yang Alami Mati Mesin

Jumat, 29 Juli 2022 – 05:13 WIB
Basarnas Kendari Evakuasi Kapal KMN Minasa Mekka 01 yang Alami Mati Mesin - JPNN.com Sultra
Basarnas Kendari Evakuasi Kapal KMN Minasa Mekka 01 yang Alami Mati Mesin. Foto Antara

sultra.jpnn.com, KENDARI - Basarnas Kendari berhasil mengevakuai Kapal KMN Minasa Mekka 01 yang mengalami mati mesin di antara Tanjung Toronipa Kabupaten Konawe (Konsel) Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Pulau Menui Kabupaten Morowali Sulawesi Tengah (Sulteng).

Basarnas Kendari yang menggunakan Kapal Negara (KN) SAR Pacitan berhasil menarik Kapal KMN Minasa Mekka 01 ke Teluk Kendari.

Kapal motor yang membawa POB (person on board) sebanyak 7 orang itu ditarik (towing) oleh KN Pacitan milik Basarnas Kendari bersama KMN Aden Jaya menuju Teluk Kendari.

Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi mengatakan pada pukul 20.58 Wita KN SAR Pacitan tiba di lokasi kecelakaan perairan (LKP).

Saat itu langsung melakukan penyisiran dengan radius 6 NM (Nautical Mile / Mil Laut) dan belum menemukan target.

Pada pukul 21.30 Wita KN SAR Pacitan dapat berkomunikasi dengan nakhoda KMN Minasa Mekka 01 yang berada di posisi sebelah barat daya Saponda Laut dimana seluruh POB dalam keadaan selamat dan sementara di tarik oleh KMN Aden Jaya menuju Teluk Kendari dengan kecepatan 3 knot.

"Pada pukul 22.50 Wita KN SAR Pacitan menemukan target yang sedang di towing menuju Teluk Kendari, selanjutnya KN SAR Pacitan melaksanakan pemantauan dan pengawalan terhadap proses tarik. Pada pukul 03.20 wita KMN Minasa Mekka 01 tiba di perairan Teluk Kendari," ungkap Kabasarnas Kendari Aris Sofingi dalam keterangan tertulisnya, Kamis (28/7).

Dengan tibanya kapal KMN Minasa Mekka bersama POB 7 orang dalam keadaan selamat lanjut Aris Sofingi, Ops SAR terhadap satu buah kapal KMN Minasa Mekka 01 yang mengalami mati mesin d iantara tanjung Toronipa dan pulau Menui dengan POB 7 orang dinyatakan selesai dan ditutup.

Basarnas Kendari yang menggunakan Kapal Negara (KN) SAR Pacitan berhasil menarik Kapal KMN Minasa Mekka 01 ke Teluk Kendari.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News