Kegiatan Terpuji TNI Bersama Warga Bersihkan Pantai Toronipa

Rabu, 07 September 2022 – 18:01 WIB
Kegiatan Terpuji TNI Bersama Warga Bersihkan Pantai Toronipa - JPNN.com Sultra
TNI-Polri bersama masyarakat saat membersihkan pantai Toronipa. Foto : La Ode Muh Deden Saputra/JPNN.com

sultra.jpnn.com, KENDARI - Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kendari menggelar aksi bersih-bersih sampah di Pantai Toronipa, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (7/9).

Aksi bersih-bersih tersebut dilakukan dalam rangka memperingati hari ulang tahun (HUT) TNI angkatan laut (AL) yang ke-77 pada 11 September 2022.

Komandan Lanal Kendari, Letkol Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari mengatakan aksi bersih-bersih laut dan pantai itu dilakukan serentak di 77 titik di seluruh Indonesia. Sebab, menurutnya, 70 persen wilayah Indonesia terdiri dari lautan.

"Oleh karena itu, pentingnya membersihkan sampah-sampah yang ada di laut dan pesisir pantai ini untuk memberikan contoh kepada masyarakat bahwa kita sekarang tidak boleh lagi mengotori lautan. Laut itu merupakan sarana pemersatu bangsa dan juga sarana ekonomi," ucap Abdul Kadir.

Orang nomor satu di Lanal Kendari itu menyebutkan bahwa apabila Pantai Toronipa itu bersih juga akan membuat nyaman wisatawan yang berkunjung.

Ia mengungkapkan unsur-unsur yang dilibatkan dalam pembersihan pantai tersebut terdiri dari TNI-Polri, Instansi Kemaritiman, anak-anak sekolah dan masyarakat.

"Kami melibatkan mereka untuk memberikan contoh yang baik. Mari kita merawat laut kita, mari kita menjaga laut kita, mari kita membersihkan laut kita sehingga ini dapat berdampak positif bagi masyarakat," katanya.

Sementara itu, Sekda Sultra Asrun Lio mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh Lanal Kendari. Dia menuturkan bahwa dengan menggelar kegiatan pembersihan pantai itu bisa memberikan inspirasi kepada masyarakat tentang berapa pentingnya menjaga kebersihan laut dan pantai. 

Aksi bersih-bersih pantai dan laut itu digelar secara serentak di 77 titik di seluruh Indonesia.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia