Sambut HUT ke-77, Lanal Kendari Gelar Penanaman Bibit Sorgum

Jumat, 09 September 2022 – 12:21 WIB
Sambut HUT ke-77, Lanal Kendari Gelar Penanaman Bibit Sorgum - JPNN.com Sultra
Proses penanaman bibit sorgum oleh TNI dan masyarakat. Foto : La Ode Muh Deden Saputra/JPNN.com

sultra.jpnn.com, KENDARI - Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Kendari menggelar penanaman bibit sorgum di Lapangan Tembak Serka KKO Lambay, Kelurahan Lalowaru, Kecamatan Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra), Jumat (9/9).

Penanaman bibit sorgum tersebut dilakukan untuk menyambut hari ulang tahun (HUT) TNI Angkatan Laut (AL) ke-77 yang jatuh pada 11 September 2022.

Komandan Lanal Kendari, Letkol Laut (P) Abdul Kadir Mulku Zahari mengatakan penanaman bibit sorgum diselenggarakan secara nasional di 77 titik di seluruh Indonesia.

"Sorgum ini merupakan pengganti alternatif dari beras dan jagung. Serta pengolahan dan penanamannya juga lebih mudah," kata Abdul Kadir.

Dia menyebutkan bahwa sorgum itu sendiri juga telah dibudidayakan di beberapa benua, seperti Benua Eropa, Amerika, Afrika dan Benua Asia. Untuk Benua Asia, yang terbesar komoditasnya terdapat di Negara India dengan kuasa sebesar 14 juta hektar.

Dalam penamaan sorgum itu, pihak Lanal Kendari melibatkan sejumlah petani dari masyarakat setempat untuk mengolah tanaman tersebut.

"Sudah kami dapat dari Dinas Pertanian sebanyak lima kilogram. Lima kilogram itu bisa ditanam untuk luasan lima hektar," jelasnya.

Orang nomor satu di Lanal Kendari itu mengungkapkan bahwa ke depannya, hasil dari panen bibit sorgum itu langsung dikelolah oleh masyarakat setempat.

Seluruh pengolahan hasil dari sorgum yang ditanam ini nantinya akan dikelolah oleh masyarakat.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia