Baru! Pangkalan AL di Kendari, Untuk Membekali Kembali Armada Kapal Perang

Selasa, 13 Desember 2022 – 23:06 WIB
Baru! Pangkalan AL di Kendari, Untuk Membekali Kembali Armada Kapal Perang - JPNN.com Sultra
Wakasal Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono meresmikan Gedung Oputa Yi Koo di Lanal Kendari. Foto: La Ode Muh Deden Saputra/JPNN.com

sultra.jpnn.com - KENDARI - Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya Ahmadi Heri Purwono meresmikan pangkalan AL di Jalan Yos Sudarso, Kelurahan Kendari Caddi, Kecamatan Kendari, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara pada Selasa (13/12).

Gedung di pangkalan itu dinamai Oputa Yi Koo, nama pahlawan Sultra.

Ahmadi berterima kasih kepada Gubernur Ali Mazi beserta seluruh pejabat di Sultra.

"Ini merupakan bentuk sinergi TNI Angkatan Laut dengan pemerintah daerah. Indonesia negara maritim yang sangat luas, butuh alat pengamanan yang baik. Kapal, pesawat, tank marinir, dan pangkalan," kata Ahmadi.

Dia menyebutkan fungsi pangkalan AL di Kendari sangat strategis. 

"Untuk membekali ulang armada kapal perang yang sedang beroperasi," katanya.

Ahmadi bilang TNI AL juga bertugas memberdayakan wilayah pertahanan, membina masyarakat, mengembangkan potensi maritim sehingga tujuan bernegara untuk masyarakat yang adil dan makmur tercapai.

"Memungkinkan dijadikan lantamal, bagus tempatnya. Sulawesi Tenggara ini provinsi bercorak maritim yang memiliki banyak pulau, laut, dan selat. Saya kira dengan adanya peningkatan nanti, akan sangat bermanfaat. Nanti dikaji di mabes," katanya.

Wakasal Ahmadi meresmikan Pangkalan AL di Kendari. Nama gedung diambil dari pahlawan Sultra.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia