Kabar Gembira dari Basarnas Kendari Buat Warga di Kolaka Utara

Rabu, 14 September 2022 – 20:30 WIB
Kabar Gembira dari Basarnas Kendari Buat Warga di Kolaka Utara - JPNN.com Sultra
Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi. Foto: La Ode Muh Deden Saputra/JPNN.com

sultra.jpnn.com - KOLAKA UTARA - Badan Search and Rescue Nasional (Basarnas atau Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan) Kendari segera memiliki gedung unit siaga di Pantai Berova, Desa Pitulua, Kecamatan Lasusua, Kabupaten Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara.

Kepala Basarnas Kendari Aris Sofingi mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Pemda Kolut terkait dengan pembangunan gedung unit siaga tersebut.

"Pemda akan menghibahkan lahan seluas 1.354 meter persegi kepada Basarnas yang akan digunakan untuk lahan pembangunan gedung unit siaga di Kolut," kata Aris Sofingi kepada JPNN.

Aris menyebutkan Kolaka Utara termasuk kawasan dengan potensi kecelakaan kapal lumayan tinggi.

"Masyarakat juga tidak tahu harus menyampaikan ke mana, minta bantuan ke mana kalau ada kejadian-kejadian seperti itu. Jadi, harapan kami, dengan adanya penambahan unit siaga bisa membantu masyarakat," katanya.

Aris menjelaskan tupoksi dari Basarnas, yakni penanganan, pencarian, pertolongan, evakuasi kecelakaan transportasi, kecelakaan dengan penanganan khusus, dan kemudian darurat bencana kondisi yang membahayakan manusia.

Menurut Aris, dari beberapa potensi bencana tadi, Sultra masih didominasi oleh kecelakaan laut. Periode Januari 2022 hingga saat ini ada 51 kejadian.

"Sebanyak 31 di antaranya kecelakaan kapal atau kecelakaan laut, kemudian 19 kondisi membahayakan manusia dan satu kejadian bencana, yaitu banjir bandang yang terjadi di Baubau," tutur Aris. (mcr6/jpnn)

Kepala Basarnas Kendari menyebutkan Kolaka Utara termasuk kawasan dengan potensi kecelakaan kapal lumayan tinggi.

Redaktur : Mufthia Ridwan
Reporter : La Ode Muh. Deden Saputra

Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia