Paket Sembako Untuk Pendonor Darah

Senin, 03 Oktober 2022 – 07:43 WIB
Paket Sembako Untuk Pendonor Darah - JPNN.com Sultra
Ketua PMI Baubau Yulia Widiarti di Baubau. Foto Antara

sultra.jpnn.com, BAUBAU - Banyak cara yang dilakukan untuk mengajak warga bergerak dalam membantu sesama. Seperti aksi Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggalang masyarakat untuk mau mendonorkan darahnya.

Guna memenuhi kebutuhan stok darah, PMI Kota Baubau menyiapkan paket sembako bagi sukarelawan.

"Kegiatan donor darah adalah untuk kemanusiaan, donor darah itu dibutuhkan oleh masyarakat, baik yang mungkin karena operasi, pendarahan, melahirkan, atau mungkin karena kecelakaan ataupun semua penyakit kritis pada saat-saat tertentu akan membutuhkan darah," kata Ketua PMI Baubau Yulia Widiarti di Baubau, Minggu (2/10).

Ia mengatakan, kegiatan donor darah yang digelar pihaknya tersebut adalah rangkaian hari ulang tahun PMI ke-77 tahun 2022 serta rangkaian HUT Baubau ke-481 dan hari jadi Kota Baubau ke-21 sebagai daerah otonom setelah mekar dari induknya yakni Kabupaten Buton.

"Jadi sengaja kita ambil di pertengahan ini supaya bisa dapat keduanya. Untuk darah-darah yang kita kumpulkan dalam donor ini otomatis akan disimpan di bank darah, sehingga kalau memang ada kebutuhan di rumah sakit Palagimata, RS Siloam, ataupun Pasarwajo, Buteng, dan Busel biasanya larinya ke kami (Baubau)," katanya.

Dalam pelaksanaan donor darah dengan menyiapkan paket sembako, kata Yulia, pihaknya telah melayangkan surat ke kelurahan untuk meminta beberapa orang perwakilan agar juga akan menjadi data base dan memperbanyak relawan-relawan pendonor ketika dibutuhkan.

"Sampai sekarang kita biasanya kesulitan bila ada kekurangan darah di rumah sakit ataupun dimana saja. Jadi kita pelan-pelan masuk ke kelurahan untuk melakukan donor darah," katanya.

Ia mengatakan, jika target stok darah tidak tercapai maka akan dilakukan aksi donor lagi saat Baubau ekspo atau pameran lainnya.

Guna memenuhi kebutuhan stok darah, PMI Kota Baubau menyiapkan paket sembako bagi sukarelawan.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia