Hari Perempuan Sedunia 2023, Tokopedia dan BKPM Dorong Pelaku UMKM Punya NIB

Rabu, 08 Maret 2023 – 19:29 WIB
Hari Perempuan Sedunia 2023, Tokopedia dan BKPM Dorong Pelaku UMKM Punya NIB - JPNN.com Sultra
Selain memfasilitasi dan melakukan sosialisasi NIB bersama Kemenves RI/BKPM, Tokopedia melakukan berbagai inisiatif lain untuk memberdayakan perempuan pelaku UMKM agar semakin meraja di negeri sendiri. Foto: Tokopedia

sultra.jpnn.com, JAKARTA - Tokopedia bersama Kementerian Investasi Republik Indonesia (Kemenves RI)/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) terus mendorong pegiat UMKM, termasuk perempuan, memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB) secara online.

Hal itu dilakukan dalam rangka menyambut Hari Perempuan Sedunia 8 Maret 2023.

BKPM membeberkan sistem Online Single Submission (OSS) berbasis risiko telah menerbitkan NIB sebanyak 1,8 juta pada 2022. Total usaha kecil yang telah memiliki NIB mencapai 8,5 persen, sedangkan usaha mikro mencapai 91,5 persen selama 2022.

Kepala Divisi Hubungan Masyarakat Tokopedia, Rizky Juanita Azuz, menyampaikan Tokopedia menjadi perusahaan e-commerce pertama yang berkolaborasi dengan pemerintah untuk memfasilitasi dan melakukan sosialisasi NIB terhadap para pelaku UMKM.

"Sepanjang 2022, Tokopedia bersama pemerintah telah membantu lebih dari 5.000 pegiat UMKM, termasuk perempuan pelaku usaha dari seluruh penjuru di Indonesia, mendaftar NIB," kata Rizky.

Selain itu, kata Rizky, ada berbagai pelatihan khusus untuk perempuan pelaku usaha, termasuk yang berkaitan dengan NIB. Pelatihan itu diberikan oleh Tokopedia bersama para mitra strategis seperti pemerintah di berbagai daerah di Indonesia.

"Salah satunya melalui Kelas Perempuan Maju Digital (KPMD). Ada pula kampanye BBI, Women in Style dan Cantik Fest,” kata Rizky.

Rizky mengatakan ke depannya, Tokopedia bersama Kemenves RI/BKPM akan terus berupaya membantu lebih banyak pelaku UMKM, khususnya perempuan, untuk memperoleh NIB.

Tokopedia bersama Kementerian Investasi Republik Indonesia (Kemenves RI)/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) terus mendorong pegiat UMKM, termasuk perempuan
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia