Jokowi Dukung Puan Maharani Bukan Ganjar Pranowo

Minggu, 28 Agustus 2022 – 05:10 WIB
Jokowi Dukung Puan Maharani Bukan Ganjar Pranowo - JPNN.com Sultra
Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri bersama dengan Ketua DPP Puan Maharani yang juga Ketua DPR Foto: Ricardo/JPNN.com

sultra.jpnn.com, JAKARTA - Sinyalemen dukungan Presiden Joko Widodo pada Pemilihan Presiden 2024 mengarah kepada Calon Presiden (Capres) Puan Maharani, bukan Ganjar Pranowo.

Dukungan itu tergambar dari omongan Jokowi yang menyatakan bahwa capres tidak cuma bermodalkan elektabilitas.

Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago menilai pernyataan Jokowi  menjadi sinyal kuat yang bisa mengandung tafsiran dukungan kepada Ketua DPR RI Puan Maharani sebagai capres dari PDI Perjuangan pada 2024.

Pangi Syarwi Chaniago menyebutkan ada beberapa alasan yang bisa menguatkan bahwa pernyataan Jokowi itu sebagai sinyal kuat memberikan dukungan kepada Puan.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Reseach & Consulting lantas menyebut sinyal kuat yang dimaksud.

Pertama, PDI Perjuangan sudah memberikan kode keras bahwa elektabilitas yang moncer atau tinggi tidak menjadi preferensi menentukan soal dukungan capres karena mungkin PDI Perjuangan menyadari bahwa kebutuhan Indonesia tidak bisa hanya semata indikator elektabilitas.

Kedua, apakah nanti PDI Perjuangan konsisten atau ditaklukkan oleh kehendak dan realitas politik, di ujung bakal usung yang mungkin elektabilitasnya tinggi yang bakal menang? Atau tetap konsisten mendukung capres yang mengakar di parpol, yang ideologis dan punya narasi kebangsaan untuk menjawab tantangan ke depannya

Ketiga, lanjut dia, apakah itu ditujukan kepada Ganjar atau Puan, bisa menangkap pesan dan sinyal itu bahwa elektabilitas Puan tidak semoncer Ganjar.

Dukungan itu tergambar dari omongan Jokowi yang menyatakan bahwa capres tidak cuma bermodalkan elektabilitas.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia