Surya Paloh Meyakini PKS dan Demokrat akan Bergabung Mengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024

Rabu, 05 Oktober 2022 – 11:54 WIB
Surya Paloh Meyakini PKS dan Demokrat akan Bergabung Mengusung Anies Baswedan di Pilpres 2024 - JPNN.com Sultra
Calon presiden yang diusung Nasdem pada Pilpres 2024 Anies Baswedan saat Deklarasi Calon Presiden Republik Indonesia Partai NasDem di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10). Foto: Ricardo

sultra.jpnn.com, JAKARTA - Partai Nasional Demokrat (NasDem) sudah mengumumkan Anies Baswedan sebagai calon presiden yang akan diusung pada Pilpres 2024 yang digelar pada Rabu 14 Februari 2024 mendatang.

Partai NasDem Butuh Koalisi

Partai NasDem membutuhkan koalisi untuk mengusung capres karena perolehan suara dan kursi di DPR belum memenuhi syarat ambang batas pencalonan presiden (Presidential Threshold)

NasDem hanya meraih 12,66 juta suara atau 9,05 persen dari total suara sah nasional pada pemilihan umum (Pemilu) 2019. Capaian tersebut mengantarkan Partai Nasdem meraih 59 kursi atau 10,26 persen dari total 575 DPR RI periode 2019-2024.

Untuk dapat mengusung capres dan calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2024, Nasdem harus berkoalisi dengan partai lainnya agar memenuhi ketentuan Presidential Threshold.

Seperti yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum pasal 222 menyebutkan

“Pasangan Calon diusulkan oleh Partai Politik atau Gabungan Partai Politik Peserta Pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen (dua puluh persen) dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen (dua puluh lima persen) dari suara sah secara nasional pada Pemilu anggota DPR sebelumnya."

PKS dan Demokrat Diyakini Gabung Usung Anies Baswedan

Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh meyakini Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Demokrat akan menyatu dalam pengusungan Anies Baswedan sebagai capres pada Pilpres 2024.

"Soal dua partai, baik PKS teman kita, teman kita Demokrat, jujur saja, dari apa perspektif yang saya pahami. Apa yang saya pahami sebagai praktisi politisi, insyaallah semuanya menyatukan pikiran, semangat, dan dekat bersama dengan NasDem. insyaallah," kata Surya Paloh usai Deklarasi Anies Baswedan Sebagai Capres 2024 di NasDem Tower, Jakarta, Senin (3/10).

Ketua Umum DPP Partai NasDem Surya Paloh meyakini PKS dan Partai Demokrat akan menyatu dalam pengusungan Anies Baswedan sebagai Capres di Pilpres 2024.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia