Gula Merah Sulut Laku di Tiga Negara

Jumat, 15 April 2022 – 21:04 WIB
Gula Merah Sulut Laku di Tiga Negara - JPNN.com Sultra
Gula Merah Sulut Laku di Tiga Negara. Foto Antara

sultra.jpnn.com, MANADO - Komoditas gula merah Sulawesi Utara menembus pasar internasional. Ada tiga negara yang menjadi tujuan pasar.

Kepala Karantina Pertanian Manado, Donny Muksidayan mengatakan, selama tahun 2021 komoditas olahan gula merah Sulawesi Utara (Sulut) laku di tiga negara yakni Hongkong, Jepang dan Singapura.

“Total tahun 2021 kita sudah mengekspor sebanyak 531,02 kg gula merah ke tiga negara tersebut, dengan ekspor terbesar ke Jepang sebanyak 381,52 kg, dengan nilai 43,6 juta rupiah,” kata Donny di Manado, Kamis (14/4). 

Menurut dia, komoditas ini tidak hanya memenuhi pasar ekspor, data pengiriman domestik pun gula merah Sulut tahun 2021 mencapai hingga 179 ton lebih ke beberapa daerah di Indonesia.

Dia berharap, pelaku usaha pembuat gula merah yang rata-rata dalam skala Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) ini fokus membidik pasar ekspor karena peluang pasarnya masih terbuka lebar.

“Sesuai tugas yang diberikan kepada Karantina Pertanian untuk mengawal peningkatan ekspor, kami terjun langsung ke lapangan untuk memberikan pendampingan," jelas Donny.

Pendampingan ini berkaitan dengan sosialisasi dan bimbingan teknis tentang persyaratan ekspor di wilayah Kabupaten Minahasa Utara agar bisa mengekspor gula merah.

Untuk tahun 2021 lalu, sambungnya, ekspor gula merah dari Bumi Nyiur Melambai baru berasal dari tiga daerah yakni Kota Manado, Kota Bitung, serta Kota Tomohon.

Gula merah Sulut laku di tiga negara. Masing-masing Hongkong, Jepang dan Singapura.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia