Ajak Masyarakat Belajar Bertransaksi Nontunai

Kamis, 21 April 2022 – 15:13 WIB
Ajak Masyarakat Belajar Bertransaksi Nontunai - JPNN.com Sultra
Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir Ajak Masyarakat Belajar Bertransaksi Nontunai. Foto Antara

sultra.jpnn.com, KENDARI - Wali Kota Kendari Sulawesi Tenggara Sulkarnain Kadir mengajak masyarakat belajar dan membiasakan diri bertransaksi nontunai. Alasannya, budaya transaksi secara digital ini akan memudahkan seseorang dalam berjual beli.

"Kita harus persiapkan diri, harus mengantisipasi, harus mendahului perubahan zaman. Jangan sampai nanti kita ketinggalan, orang semua sudah bertransaksi non-tunai kita masih mencari uang tunai, masih senang pegang uang tunai," kata Sulkarnain di Kendari, Rabu (20/4).

Wali Kota menekankan hal itu di sela penandatangan nota kesepahaman bersama Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) dalam mendorong digitalisasi enam pasar tradisional menggunakan metode Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS).

Menurutnya, transaksi non-tunai sebuah keniscayaan yang mungkin sekarang belum banyak yang terbiasa dengan aktivitas sistem pembayaran secara digital khususnya kaum kolonial, namun dia meyakini metode itu akan banyak memberikan manfaat.

"Kenapa transaksi non tunai penting buat kita? Yang pertama di era teknologi sekarang ini tentu jauh lebih aman karena kemana-mana sekarang bawa uang riskan, berisiko kalau kita bawa uang, kecopetan, ketinggalan, karena sekarang orang lebih perhatian ke HP daripada ke dompet," ujar Wali Kota.

Menurutnya, jika seseorang lupa membawa telepon pintar saat keluar rumah, maka orang tersebut diyakini akan pulang mengambil telepon pintarnya, tetapi jika yang dilupakan adalah dompet biasanya seseorang akan tetap jalan terus.

Dia mengungkapkan saat ini penting untuk membiasakan diri menggunakan transaksi secara elektronik.

"Yang kedua dengan transaksi elektronik ini lebih simpel lebih mudah kita tidak perlu lagi repot-repot," ucap Wali Kota.

Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir mengajak masyarakat belajar bertransaksi nontunai.
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia