Arus Balik Lebaran 2022, Penumpang di Pelabuhan Murhum Capai 4.053 orang

Selasa, 10 Mei 2022 – 06:42 WIB
Arus Balik Lebaran 2022, Penumpang di Pelabuhan Murhum Capai 4.053 orang - JPNN.com Sultra
Kepala PT. Pelni Cabang Baubau, Juni Samsuddin Sitorus. Foto Antara

sultra.jpnn.com, BAUBAU - Kepala PT Pelni Cabang Baubau, Juni Samsuddin Sitorus mengatakan arus balik Lebaran 2022 terlihat cukup melonjak di masa-masa akhir libur. Hal itu tercatat penumpang dari Pelabuhan Murhum, Baubau, Sulawesi Tenggara mencapai sekitar 4.053 orang.

"Untuk arus balik di pelabuhan Murhum Baubau terlihat adanya peningkatan pada H+6 yakni tadi siang kapal Dobonsolo berangkat tujuan Makassar (Sulsel) dengan jumlah penumpang naik mencapai 1.000 lebih. Kemudian untuk KM Sinabung juga Selasa (10/5) akan mengangkut sebanyak 1.400 orang dari Baubau dengan tujuan pelabuhan Makassar dan Surabaya," ujarnya.

Selain dua armada itu, kata dia, kapal-kapal yang akan tiba dari timur maupun dari barat sekitar H+20 diperkirakan juga akan terjadi lonjakan penumpang terutama KM Lambelu tujuan Makassar dan Balikpapan.

"Jadi khusus ke arah Makassar didominasi karena kita melihat tingginya harga tiket pesawat, sehingga untuk dari dan ke Baubau ini terlihat adanya lonjakan. Kemarin misalnya KM Tilongkabila jumlah penumpangnya yang turun sekitar 400, padahal yang biasanya hanya sekitar 100 orang," katanya.

Angkutan arus balik penumpang akan melonjak, menurutnya pula, akan didominasi kapal-kapal yang terutama ke arah timur, karena saat arus mudik sebelumnya itu rata-rata pengguna transportasi jalur laut yang turun di Baubau melalui kapal Pelni itu di atas seribu orang.

"Jadi kemungkinan baliknya ini bisa terjadi lonjakan juga karena biasanya seperti itu," ujar mantan Kacab Merauke ini.

Pergerakan arus mudik dan balik Idul Fitri 2022 terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya karena sebelumnya adanya larangan mudik akibat pandemi COVID-19.

Namun di tahun ini, kata dia, adanya beberapa persyaratan vaksin diizinkan melakukan perjalanan, seperti calon penumpang yang sudah menerima vaksin pertama diwajibkan menyertakan PCR 3x24 jam, dan vaksin kedua diharuskan menyertakan antigen, dan calon penumpang yang sudah vaksin ketiga tidak diwajibkan antigen.

Arus Balik Lebaran 2022, Penumpang di Pelabuhan Murhum, Baubau, Sulawesi Tenggara mencapai 4.053 orang
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia