Australia Anggap Kehadiran Kapal Mata-mata China Bentuk Serangan

Jumat, 13 Mei 2022 – 15:45 WIB
Australia Anggap Kehadiran Kapal Mata-mata China Bentuk Serangan - JPNN.com Sultra
Australia Anggap Kehadiran Kapal Mata-mata China Bentuk Serangan. Foto Antara

sultra.jpnn.com, SYDNEY - Australia meradang. Kapal mata-mata China terlacak di lepas pantai barat Australia. Aktivitas kapal mata-mata Beijing bukan kali pertama karena sebelumnya juga melakukan kegiatan yang sama.

Menteri Pertahanan Australia Peter Dutton mengatakan kehadiran kapal mata-mata China yang terlacak di lepas pantai barat Australia sebagai bentuk serangan oleh Beijing.

Australia telah melacak kapal mata-mata itu selama seminggu terakhir ketika berlayar melewati stasiun komunikasi angkatan laut Harold E Holt di Exmouth, yang digunakan oleh kapal selam Australia, Amerika Serikat, dan sekutu.

"Saya pikir itu adalah bentuk serangan. Terutama karena itu telah terjadi begitu jauh ke selatan," kata Dutton pada konferensi pers.

"Kapal itu dekat dengan instalasi militer dan intelijen di pantai barat Australia," kata dia, menambahkan.

Australia menuju pemilu nasional pada 21 Mei dan tuduhan ancaman keamanan nasional yang ditimbulkan oleh China telah menjadi tema utama kampanye. Dutton mempertanyakan "waktu yang janggal" dari kehadiran kapal China mengingat kampanye pemilu.

Kapal angkatan laut China telah dilacak di lepas pantai utara dan timur Australia beberapa kali dalam beberapa tahun terakhir.

Pada Februari, Beijing dan Canberra saling menyalahkan atas insiden di mana sebuah pesawat patroli maritim Australia mendeteksi laser yang diarahkan padanya dari kapal Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLAN).

Australia meradang karena Kapal Mata-mata China terlacak di pantai barat. Kehadiran kapal milik Beijing dianggap sebagai bentuk serangan
Facebook JPNN.com Sultra Twitter JPNN.com Sultra Pinterest JPNN.com Sultra Linkedin JPNN.com Sultra Flipboard JPNN.com Sultra Line JPNN.com Sultra JPNN.com Sultra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Sultra di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia